Bupati Agam Baru akan Sterilisasi Puskesmas, 5 Tenaga Medis Terlanjur jadi 'Korban' Corona


Rabu, 06 Mei 2020 - 11:53:53 WIB
Bupati Agam Baru akan Sterilisasi Puskesmas, 5 Tenaga Medis Terlanjur jadi 'Korban' Corona Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pasca kasus lima tenaga kesehatan di Kabupaten Agam positif terinfeksi Covid-19, untuk sementara puskesmas Lubuk Basung hanya membuka IGD dengan protap Covid-19, sedangkan pelayanan kesehatan ditutup.

"Puskesmas Lubuk Basung beserta rumah masing-masing petugas kesehatan yang terpapar akan kita lakukan sterilisasi guna penyebaran virus tersebut dapat kita hentikan," kata Indra Catri pada jumpa pers, Selasa (5/5), di Lubuk Basung.

Baca Juga : Menparekraf Bakal Undang Investor Kembangkan The Gate of Minangkabau di Padang Panjang

Hanya berselang beberapa hari, kasus positif Covid-19 di Kabupaten Agam naik tajam. Awalnya dari satu keluarga pasien pertama dinyatakan positif Covid-19, kini terdapat tambahan lima orang petugas kesehatan. Indra Catri juga telah memerintahkan tim gugus tugas Covid-19 untuk segera mentracking dan mengisolasi keluarga terkontak dari lima petugas kesehatan yang dinyatakan positif. 

"Sebelumnya hanya lima orang yang dinyatakan positif, dengan tambahan lima petugas kesehatan ini menjadi sembilan orang," katanya.

Baca Juga : Padang Panjang Teken Dokumen PKS Optimalisasi Pemungutan Pajak Pusat dan Pajak Daerah

Kelima petugas yang terinfeksi positif Covid-19 merupakan bagian dari 71 orang sebelumnya yang menjalani swab test kedua. 71 orang tersebut punya riwayat kontak dengan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 berinisial AG (60). "Hasil tersebut diketahui positif berdasarkan informasi yang dikeluarkan oleh Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Unand," ujarnya.

Rincian kasus baru Covid-19 di Kabupaten Agam, di antaranya, tiga petugas kesehatan di Puskesmas Baso, seorang bidan desa Sungai Cubadak, dan seorang petugas laboratorium Puskesmas Lubuk Basung. (*)

Baca Juga : Legislator Sumbar: Watek Ducati Menyajikan Suasana Asri

Reporter : Metria Indeswara | Editor : Nova Anggraini
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]