Ribuan Calon Pengantin di Sumbar Daftar Nikah di Musim Corona


Rabu, 06 Mei 2020 - 12:09:32 WIB
Ribuan Calon Pengantin di Sumbar Daftar Nikah di Musim Corona Ilustrasi menikah/kompasiana

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kantor Urusan Agama (KUA) tetap membuka layanan akad nikah di tengah pandemi Covid-19. Kendati demikian, layanan tersebut hanya berlaku bagi calon pengantin (catin) yang mendaftar sebelum 1 April 2020 lalu. Bahkan, catin yang sudah daftar online di Sumbar jumlahnya sebanyak 1.237.

Kakanwil Kemenag Sumbar, Hendri mengatakan, peristiwa nikah se Sumatera Barat sebanyak 12.808 pasang terhitung dari bulan Januari sampai April 2020. Sementara yang melaksanakan akad nikah di kantor sebanyak 4.259  pasang (33,25 persen). Nikah di luar kantor sebanyak 8.549 pasang  (66,75 persen).

"Sejak dilakukan penghentian sementara nikah di KUA terhitung 1 April hingga 21 April lalu, calon pengantin yang telah mendaftar secara online se Sumatera Barat sebanyak 1.237 Pasang. Akad nikah bagi catin yang telah terdaftar ini akan dilaksanakan di KUA," pungkas Hendri, Rabu (6/5/2020).

Seperti diketahui, Kantor Urusan Agama (KUA) tetap melayani pernikahan. Terkait proses tersebut dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan pencegahan penyebaran Covid-19.

Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Dirjen Bimas Islam tentang Imbauan dan Pelaksanaan Protokol Penanganan Covid-19 pada Area Publik di Lingkungan Direktorat Jendeal Bimbingan Masyarakat Islam yang dikeluarkan pada Kamis (19/3/2020) lalu.

Dikutip dari laman resmi Kemenag RI, Rabu (6/5/2020), adapun aturan pelaksanaan pernikahan yang dibuat pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Secara garis besar, ada dua aturan penyelenggaraan pernikahan di KUA serta di luar KUA.

Aturan Menyelenggarakan Pernikahan di KUA

1. Jumlah orang dalam prosesi akad nikah dibatasi 

KUA diminta Kementerian Agama untuk membatasi jumlah orang yang mengikuti prosesi akad nikah. Jumlah anggota keluarga dari kedua mempelai yang boleh masuk ke ruangan maksimal 10 orang saja.

Dengan pembatasan jumlah orang yang diizinkan menjadi saksi pernikahan kalian, sekarang waktunya bagi kalian untuk mensosialisasikan kebijakan tersebut kepada seluruh sanak keluarga.

Jangan sampai pada hari-H pernikahan, terlalu banyak anggota keluarga yang menyambangi KUA sehingga tidak diperbolehkan masuk oleh petugas. Beri pengertian kepada mereka, bahwa kebijakan ini demi kebaikan dan kesehatan bersama.

2. Wajib membersihkan tangan dan memakai masker

Kementerian Agama juga meminta kedua calon pengantin (catin) serta seluruh anggota keluarga yang masuk ke ruangan menjadi saksi pernikahan untuk mengikuti prosesi terlebih dahulu, yaitu mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer serta menggunakan masker.

3. Wajib memakai sarung tangan dan masker saat ijab kabul

Aturan berikutnya, petugas KUA, Wali Nikah, serta catin Laki-laku wajib menggunakan sarung tangan dan masker saat ijab kabul.

Aturan Menyelenggarakan Pernikahan di Luar KUA

Sementara, untuk pencegahan penyebaran Covid-19 pada pelayanan akad nikah di luar KUA, kamu juga harus memperhatikan beberapa aturan berikut:

1. Ruang terbuka atau ruangan berventilasi

2. Jumlah saksi prosesi akad nikah juga maksimal 10 orang

Meskipun menyelenggarakan pernikahan di luar KUA, kamu juga diwajibkan untuk membatasi jumlah saksi akad pernikahan maksimal 10 orang.

3. Tetap wajib cuci tangan, serta menggunakan masker dan sarung tangan

Catin, petugas KUA, serta para saksi akad nikah juga tetap diwajibkan mencuci tangan, menggunakan masker, serta menggunakan sarung tangan selama mengikuti prosesi akad nikah.

Selain menerbitkan aturan tata cara pernikahan tersebut, Kamaruddin juga mengumumkan bahwa untuk mencegah penyebaran virus Corona maka untuk sementara waktu pihaknya akan meniadakan semua jenis pelayanan selain pelayanan administrasi dan pencatatan nikah di KUA.

Tujuannya untuk meniadakan potensi kontak jarak dekat serta menciptakan kerumunan. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]