Gas LPG 12 Kg di Mentawai Langka


Rabu, 06 Mei 2020 - 21:25:02 WIB
Gas LPG 12 Kg di Mentawai Langka Ilustrasi

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM - Sejak beberapa bulan terakhir ini gas LPG tabung isi 12 Kg di pusat Kabupaten Kepulauan Mentawai sulit dicari, bahkan untuk mendapatkan LPG masyarakat harus mendaftar terlebih dahulu pada agen pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM).

Nita (34) salah seorang ibu rumah tangga di Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara kepada haluan, Rabu (06/05) mengeluhkan kelangkaan LPG, terlebih saat di bulan suci ramadhan ini, dimana masyarakat sangat membutuhkan LPG untuk memasak.

"Aneh sekali sekarang untuk membeli gas harus daftar dulu, sudah gitu harganya selangit, jangan-jangan ini ada permainan dagang, saya curiganya seperti itu, kepada pemerintah tolong diperhatikan kelangkaan LPG ini, apalagi sekarang situasi kewaspadaan penyebaran virus corona," timpalnya.

Ia sangat kecewa saat membawa tabung kosong pada saat kapal minyak masuk ternyata LPG yang datang sudah ada yang booking, " Kapalkan baru masuk, saat kita antar tabung yang ditanya, apa ibu sudah daftar sebelumnya, " tuturnya menirukan ucapan distributor kesal.

Maria (30) ibu rumah tangga warga Dusun Jati, Desa Tuapejat mengaku bahwa hampir satu bulan belum mendapatkan gas LPG, karena setiap pembelian isi ulang LPG selalu habis, yang dapat LPG hanya pembeli yang sudah mendaftar disertai tabung kosong, "itupun dapatnya bertahap sesui antrean," imbuhnya. 

Berdasarkan pantau harianhaluan.com harga isi ulang LPG tabung 12 kg di Kepulauan Mentawai mencapai Rp 250 ribu - Rp 260 ribu per tabung, padahal semula harga normal LPG di Kepulauan Mentawai hanya Rp 220-230 Ribu saja, namun belakangan harganya pun melonjak.

Sementara itu salah satu distributor BBM di Mentawai yang tidak mau disebutkan namanyan, saat ditemui haluan menyebutkan bahwa pihaknya setiap kali masuk kapal minyak hanya mendapatkan 7-10 tabung saja, " Ini yang susah pada saat kapal masuk kita hanya dapat 7-10 tabung, jadi banyak pembeli yang mengeluh," tukasnya. (*)

loading...
Reporter : Redi /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]