Gempa Berkekuatan M 6,9 Guncang Maluku Tenggara Barat


Rabu, 06 Mei 2020 - 22:29:53 WIB
Gempa Berkekuatan M 6,9 Guncang Maluku Tenggara Barat Ilustrasi

MALUKU TENGGARA BARAT - Gempa bermagnitudo (M) 6,9 terjadi di Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa itu terjadi karena adanya aktivitas subduksi.

"Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi Laut Banda," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, dalam keterangannya, Rabu (6/5/2020)

Triyono menyebut gempa yang terjadi memiliki mekanisme sesar naik. "Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme sesar naik (Thrust Fault)," kata Triyono.

Warga diimbau untuk tidak panik dan tetap tenang. BMKG memastikan gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

"(Masyarakat diimbau) menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa," tuturnya.

Sebelumnya, BMKG melakukan pemutakhiran pada kekuatan gempa yang terjadi di Maluku Tenggara Barat. Semula BMKG menginformasikan gempa terjadi M 7,3, tetapi kini dimutakhirkan menjadi M 6,9.

Gempa disebutkan terjadi pukul 20.53.57 WIB di wilayah Laut Banda. Titik koordinat gempa tercata berada di 6,95 Lintang Selatan dan 130,04 Bujur Timur. (*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]