Ombudsman Minta Penyediaan Saluran Informasi, Begini Respon Gubernur Sumbar


Kamis, 07 Mei 2020 - 16:06:24 WIB
Ombudsman Minta Penyediaan Saluran Informasi, Begini Respon Gubernur Sumbar Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Setelah dilakukannya Rapid Assessment Ombudsman kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengenai penyediaan saluran informasi, Selasa 5 Mei lalu, tepat pada Rabu (6/5/2020), Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengeluarkan surat keputusan bernomor 489/138/humas-2020, yang menerangkan beberapa poin kepada pemerintah kabupaten dan kota yang ada di Sumbar.

Surat keputusan tersebut memuat empat poin, di antaranya, poin pertama agar masing-masing daerah menyediakan saluran informasi pengaduan penyaluran bantuan sosial Covid-19. Poin ke dua bahwa penyediaan saluran informasi agar dilengkapi dengan prosedur penanganan pengaduan, adanya pejabat atau petugas khusus yang bertanggung jawab mengelola pengaduan dalam penyaluran bansos kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Sementara poin ke tiga dimuat, saluran, prosedur dan pejabat pengelola informasi atau pengaduan dalam penyaluran bansos Covid-19, agar dipublikasikan di media komunikasi pemerintah daerah dan berbagai media sosial yang dimiliki dan digunakan oleh kabupaten dan kota dalam penanganan Covid-19.

Sedangkan poin terakhir berisi, seluruh data penerima bantuan langsung tunai (BLT), Jaring Pengaman Sosial (JPS), Program Keluarga Harapan (PKH), penerima kartu pra kerja dan lainnya, agar dipajang dan ditempelkan di kantor kecamatan sampai ke nagari dan jorong serta di tempat strategis lainnya yang bisa diakses langsung oleh masyarakat, termasuk menginformasikannya melalui media sosial dan website resmi pemerintah kabupaten dan kota.

Surat keputusan yang disampaikan Gubernur Sumbar tersebut langsung ditembuskan ke Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Barat di Padang. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]