Tak Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru, Netizen Kecewa Bikin Tagar PKN STAN


Kamis, 07 Mei 2020 - 19:35:58 WIB
Tak Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru, Netizen Kecewa Bikin Tagar PKN STAN Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- PKN STAN menjadi salah satu topik terhangat yang banyak dibicarakan di Twitter. Pasalnya, dengan menggunakan tagar PKN STAN setidaknya warganet telah mengunggah 4.508 cuitan.

Rata-rata warganet menyampaikan rasa kecewanya karena pembatalan pembukaan pendaftaran mahasiswa baru Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau PKN STAN.

Mulanya kabar tersebut disampaikan melalui cuitan dari akun Twitter Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi @kempanrb pada Rabu (6/5).

Kemenpan RB menyampaikan informasi terbaru terkait pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2020.

“Sahabat Muda, pemerintah ada kabar baru terkait pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2020. Perhatikan baik-baik ya. Catat jadwalnya dan persiapkan dirimu dg baik,” seperti dikutip dari cuitan @kempanrb.

Cuitan itu juga melampirkan surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor: B/435/M.SM.01.00/2020 tertanggal 6 Mei 2020. Di sana diinformasikan rencana pembukaan pendaftaran dan seleksi sekolah kedinasan tahun 2020.

Surat tersebut memberitahukan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN tak ada penerimaan mahasiswa baru tahun ini.

“Kementerian Keuangan yang mengelola PKN STAN  berdasarkan Surat Nomor:S-75.1/MK.1/2020 tertanggal 23 Maret, pada 2020 memutuskan untuk tidak membuka pendaftaran,” dikutip dari Tempo.co, Kamis (7/5).

Namun, kebijakan yang berbeda berlaku untuk sekolah kedinasan lain. Pada poin pertama surat tersebut memberitahukan bahwa Kementerian/Lembaga pengelola sekolah kedinasan seperti Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perhubungan, Kementerian Hukum dan HAM, Badan Pusat Statistik, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Badan Siber dan Sandi Negara diperkenankan untuk membuka pendaftaran pada tahun 2020.

Hal tersebut membuat banyak masyarakat merasa kecewa atas keputusan pemerintah tersebut. Kemudian, karena merasa kecewa mereka meluapkannya di media sosial Twitter hingga membuat kata kunci PKN STAN menjadi salah satu yang terpopuler.

Sampai kini tercatat cuitan dari Kemenpan RB itu menuai 1.500 komentar dan telah di-retweet hingga 4.300 kali. Cuitan itu juga sudah disukai oleh 10.500 netizen.

“The next..  in 2021 maybe? InsyaAllah aminin aja, emang tahun ini tuh ngeselin parah. jadiin pembelajaran aja, ambil hikmahnya. tetap semangat! :’) dipuas-puasin nyeseknya nangisnya tapi jangan kelamaan abis itu kita bangkit lagi okee,” tulis warganet berakun @zyxivd, Kamis 7 Mei 2020.

Kemudian, netizen yang lain yang mengungkapkan kesedihannya akibat PKN STAN tak membuka pendaftaran dan seleksi penerimaan mahasiswa barunya tahun ini adalah Josua Ronaldo.

"Fix, para pejuang PKN STAN lagi broken heart kayak tema lagu eyang Didi Kempot setelah liat berita ini,” ucap @josua_ronaldo_, Kamis 7 Mei 2020.

Selanjutnya warganet dengan akun @balqis_gomez  menceritakan bahwa tahun ini harapannya untuk bisa bersekolah di kampus pencetak anak buah Sri Mulyani. Namun dengan surat pemeritahuan Pemerintah tersebut harapannya pun pupus.

“Angkatan 2020 punya salah apasih sebenarnya? udah belajar UN,  UN nya malah kagak ada. Udah persiapan buat farewell party, tapi dicancel.  Kepingin masuk PKN STAN, tapi kaga buka pendaftaran. Sedih banget gue, keinginan orang tua gue, gue sekolah di STAN,” tulisnya.

Sementara itu, akun Twitter resmi PKN STAN @pknstanid menyampaikan bahwa informasi yang beredar tersebut belum bisa ditanggapi. “Hai Staners. 
Sehubungan dengan beredarnya surat yang memuat informasi mengenai SPMB PKN STAN 2020, bersama ini kami sampaikan bahwa PKN STAN belum dapat memberikan pernyataan resmi terkait hal tersebut. #SPMBPKNSTAN,” seperti dikutip dari cuitan @pknstanid, Rabu malam, 6 Mei 2020.

PKN STAN juga meminta warganet yang ingin mempertanyakan soal pembukaan pendaftaran dan seleksi mahasiswa baru lembaga tersebut untuk mengkonfirmasi ke pihak yang menyebarluaskan informasi itu.

"Bagi Staners yang bermaksud melakukan konfirmasi, kiranya dapat melakukan konfirmasi kepada pihak yang menyampaikan dan/atau menyebarluaskan informasi surat tersebut. Terima kasih," (*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Sumber : Tempo.co /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]