Jalan Berliku Wilan, Sukses Jadi Mahasiswa Berprestasi dan Aktivis Kampus Setelah 3 Kali Gagal


Kamis, 07 Mei 2020 - 20:45:29 WIB
Jalan Berliku Wilan, Sukses Jadi Mahasiswa Berprestasi dan Aktivis Kampus Setelah 3 Kali Gagal Wilan Sari bersama keluarga.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wilan Sari dari program studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) angkatan 2016 dinobatkan sebagai mahasiswa beprestasi sekaligus aktivis kampus pada pergelaran yudisium FK Unand periode ke-2, Rabu, (6/5/2020) yang digelar melalui aplikasi zoom.

Prestasi tersebut lantas tidak semudah membalikkan telapak tangan didapatkan oleh Wilan. Pasalnya sewaktu mahasiswa, Wilan pernah tiga kali gagal masuk final pada ajang perlombaan nasional.

"Tiga kali masuk final, tiga kali ganti tim, cari bahan kemudian pelajari lebih giat, coba lagi, baru akhirnya juara," kata Wilan kepada harianhaluan.com, Kamis, (7/5/2020).

Keinginan wilan menjadi mahasiswa berprestasi sudah tumbuh semenjak awal kuliah. Pasalnya setiap mahasiswa yang ingin mengembangkan softskill dan potensi diri di fasilitasi full oleh fakultas.

"Saya tertarik dibidang poster publik, dimana selain memberi kesempatan untuk diri saya menggali suatu bidang ilmu atau materi, kemudian juga dapat mengasah kemampuan berkreasi dan berfikir kreatif karena tujuan poster publik adalah mengajak orang banyak," kata alumnus SMAN 1 Suliki ini.

Selain itu, Wilan tertarik untuk beprestasi di FK Unand karena termotivasi dari mahasiswa tingkatannya. Sewaktu itu, dekan mengumumkan juara perlombaan nasional dihadapan seluruh mahasiswa, diberikan sertifikat, serta foto bersama pimpinan fakultas.

"Dari situ mulailah ada tekad dalam diri saya untuk berprestasi dan mencari banyak referensi mengenai poster publik," katanya.

Disamping poster publik, Wilan juga menjuarai perlombaan puisi nasional serta menjadi best speaker dalam ajang perlombaan tersebut.

"Hal yang membanggakan bagi saya pribadi adalah ketika memenangkan suatu ajang kompetisi nasional, di FK kita disuruh membuat teks perjalanan dan langsung di upload di website resmi FK Unand yang menandakan kita telah membawa nama baik FK," katanya.

Tak hanya beberapa perlombaan nasional, Wilan juga dipercaya sebagai ketua umum dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Anatomy Community, sebuah kegiatan mahasiswa yang bergerak dibidang ilmu kedokteran dasar.

Selain prestasi, Wilan Sari juga lulus dengan IPK 3.47, lama studi 3 tahun 9 bulan, Setelah pelaksanaan sumpah dokter muda, Wilan Sari akan segera menjalani koas di RSUP M Jamil Padang. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]