Ingat! Lakukan Ini Dulu Sebelum Santap Kolak untuk Menu Buka Puasa


Jumat, 08 Mei 2020 - 18:02:32 WIB
Ingat! Lakukan Ini Dulu Sebelum Santap Kolak untuk Menu Buka Puasa Kolak pisang

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Bagaikan sebuah tradisi, kolak selalu menjadi menu takjil pilihan saat berbuka puasa. Rasanya yang manis dan enak, serta isiannya yang beraneka ragam membuat kolak digemari oleh banyak orang.

Dokter spesialis gizi dari Rumah Sakit Pondok Indah, dr Diana F Suganda, SpGK, MKes, mengatakan walaupun kolak memiliki rasa yang enak, sebaiknya tidak untuk dikonsumsi setiap hari. Sebab kandungan kolak yang terdiri dari gula, santan, dan juga tepung-tepungan tidak baik untuk tubuh.

"Kolak kan isinya gula-gula sederhana yang kalorinya tinggi, ada gula jawa, tepung-tepungan tuh kaya misalnya (kolak) biji salak, kemudian ada santen. Jadi kalau dimasak lama akhirnya jadi lemak jenuh," jelas dr Diana kepada detikcom, Jumat (8/5/2020).

"Jadi sebenarnya isinya malah kita terlalu banyak makan lemak jenuh dan gula sederhana yang kalorinya tinggi," lanjutnya.

Menurut dr Diana, dalam jangka panjang bila mengonsumsi kolak setiap hari bisa berisiko terkena obesitas, bahkan diabetes. Tetapi tak perlu khawatir, karena dr Diana juga memberikan tips sehat apabila ingin mengonsumsi kolak saat berbuka puasa.

"Saran saya kalau pada saat kita mau buka puasa itu buka dulu dengan air putih untuk menetralkan, kemudian buah karena buah sebenarnya juga karbohidrat yang cepat naikin gula darah dan bagus pada saat kita buka puasa, perut kosong kita isi dengan buah," ucap dr Diana memberikan saran.

"Nah baru deh habis itu kalau pengen kolak itu paling cuma setengah gelas jadi cuma nambah sedikit aja," tuturnya.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 01 Juni 2020 - 18:10:14 WIB

    Ingat! Lakukan 3 Kebiasaan Wajib Ini saat New Normal

    Ingat! Lakukan 3 Kebiasaan Wajib Ini saat New Normal HARIANHALUAN.COM - Masyarakat Indonesia akan menjalani New Normal dalam kehidupannya sehari-hari. Tentunya banyak aturan baru sebagai protokol kesehatan yang wajib dilakukan masyarakat agar terhindar dari virus corona Covid-1.
  • Senin, 20 April 2020 - 06:38:44 WIB

    Ingat! Dilarang Mandi Saat Hujan, Ini Alasannya

    Ingat! Dilarang Mandi Saat Hujan, Ini Alasannya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masih menyebut akan terjadi hujan petir di sekitar kawasan Jakarta Selatan dan Jakarta Timur sore ini..
  • Jumat, 13 Maret 2020 - 06:57:04 WIB

    Ingat! Salam Siku Tak Dianjurkan WHO

    Ingat! Salam Siku Tak Dianjurkan WHO JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Merebaknya virus Corona membuat orang-orang berpikir ulang tentang cara hidup yang aman, termasuk cara memberi salam supaya tidak tertular COVID-19. Para pejabat di lingkungan Istana Kepresidenan m.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]