Tekan Corona, Gubernur Sumbar Sarankan Pasien Positif Harus Dikarantina


Sabtu, 09 Mei 2020 - 06:04:14 WIB
Tekan Corona, Gubernur Sumbar Sarankan Pasien Positif Harus Dikarantina Ilustrasi virus corona/COVID-19.

PADANG, HARIANHALUAM.COM -- Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menyarankan pasien positif virus Corona atau Covid-19 harus dirawat di tempat karantina yang telah disediakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar. Pasalnya, jika pasien positif Covid-19 hanya melakukan isolasi mandiri di rumah hasilnya tidak akan efektif.

"Sebaiknya isolasi atau menjalani perawatan di tempat karantina," kata Irwan, baru-baru ini.

Menurut Irwan, isolasi atau menjalani perawatan di tempat karantina lebih efektif untuk menghentikan penyebaran Covid-19 dibanding isolasi mandiri di rumah  Sebab di tempat karantina sudah diiringi dengan penyediaan fasilitas yang representatif.

Misalnya saja perawatan medis dari tenaga kesehatan sudah disiapkan, begitu juga untuk kebutuhan makan pasien juga telah tersedia. Sehingga pasien tidak perlu lagi memikirkan cara untuk memenuhi kebutuhan selama isolasi.

"Kalau di rumah itu repot harus memikirkan banyak hal, lebih baik di tempat karantina semua sudah kita siapkan," ungkap Irwan.

Oleh karena itu, Irwan berharap, agar keberadaan tempat karantina yang telah disediakan dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Dengan demikian, pemerintah daerah juga dapat mendorong pasien positif Covid-19 memilih isolasi di tempat karantina dimaksud, sehingga perawatan dan pengawasan pasien lebih efektif.

"Tetapi kita juga tidak bisa memaksa kalau memang pasien tidak mau dan memilih isolasi mandiri di rumah," tandasnya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]