Hendrajoni Ingatkan Wali Nagari Transparan Bagikan BLT pada Masyarakat Terdampak


Sabtu, 09 Mei 2020 - 13:22:27 WIB
Hendrajoni Ingatkan Wali Nagari Transparan Bagikan BLT pada Masyarakat Terdampak Ilustrasi

PESSEL, HARIANHALUAN.COM - Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Kabupaten Pesisir Selatan sudah dapat dibagikan pada masyarakat terdampak Covid-19. Oleh karena itu, Bupati Pesisir Selatan H Hendrajoni mengingatkan Wali Nagari di 182 Nagari dan 15 Kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan agar bisa memberikan BLT pada warganya yang benar dan layak menerimnaya.

Ia meminta pada Wali Nagari agar menyalurkan BLT harus benar dan tepat sasaran dengan cara turun ke bawah dan langsung mendata warga yang benar berhak menerima.

"Jangan sampai menimbulkan masalah hukum, karena Bantuan Langsung Tunai (BLT) adalah milik warganya bukan milik pribadi ataupun sekolompok orang. Semuanya harus terbuka,  tidak ada yang di tutupi. Semua harus transparan," tegas Hendrajoni, Sabtu (9/5) dikutip dari website resmi Pemkab Pessel.

Agar penyaluran tersebut berjalan dengan baik, Wali Nagari dianjurkan memajang nama penerima bantuan BLT di papan pengumuman. Semua harus terbuka, tidak ada yang ditutup-tutupi, termasuk bantuan di terima oleh Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dari luar.  

"Yang terpenting, kita tidak ingin nantinya ada data yang tumpang tindih. Misalnya, ada yang sudah dapat BLT, kemudian dapat lagi program PKH. Sekali lagi kami minta kepada Nagari bantuan harus tepat sasaran dan jangan berdasarkan kedekatan. Kami tidak ingin nantinya ada keluhan soal itu," pungkasnya.

Masyarakat diharapkan dapat berpartisipasi memberikan informasi terhadap penyesuaian data penerima BLT Dana Desa, jika ada data penerima BLT Dana Desa yang dianggap tidak tepat sasaran.

Bupati Pessel tersebut juga meminta agar semua kepala desa memaksimalkan anggaran untuk pemenuhan kebutuhan penanganan dampak akibat pandemi COVID-19. BLT Dana Desa yang besarannya Rp600.000 itu akan diserahkan selama tiga bulan.

"Selain itu, kita juga meminta kepada masyarakat  untuk bisa menahan diri, dan jangan muda terhasut oleh informasi-informasi yang menyesatkan. Pembagiannya sudah jelas, ada yang dari PKH, BLT Provinsi, BLT Kabupaten dan BLT Dana Desa. Masyarakat harus dapat memahami ini. Jika ada penyimpangan segera laporkan ke nagari setempat," singkat Hendrajoni.(*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Sumber : pesisirselatankab.go.id /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]