Pertahanan Jebol, Limapuluh Kota Umumkan Kasus Perdana Covid-19


Sabtu, 09 Mei 2020 - 14:24:17 WIB
Pertahanan Jebol, Limapuluh Kota Umumkan Kasus Perdana Covid-19 Limapuluh Kota umumkan kasus covid-19 pertama.

LIMAPULUHKOTA, HARIANHALUAN.COM - Sempat mempertahankan daerah zero kasus terinfeksi virus Corona atau Covid-19, akhirnya pertahanan Lima Puluh Kota jebol. Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Irfendi Arbi melalui Kepala Dinas Kesehatan, Tien Septino didampingi Kalaksa BPBD, Joni Amir, Kadis Kominfo Fery Cova, membenarkan bahwa seorang warga didaerah itu Positif terinfeksi Covid-19. Sabtu,(9/5/2020).

Warga tersebut berinisial Y, Pria (59) beralamat di Manggilang Kecamatan Pangkalan. Hal tersebut diketahui dari hasil pemeriksaan swab test di Laboratorium FK Unand Padang. Y diketahui bekerja di salah satu toko elektronik di Kota Payakumbuh dimana pemilik toko tersebut diketahui sudah terinfeksi Positif Covid-19 sebelumnya. Saat ini Y dalam keadaan sehat dan isolasi mandiri di rumahnya.

Baca Juga : Terduga Gembong 500 Gram Sabu Diciduk Polisi

"Sekitar dua puluh tiga sampel yang kita kirim ke Labor Unand di Padang, satu orang di antarannya diketahui Positif Covid-19. Warga kita ini berinisial Y dan kasus ini merupakan tranmisi lokal yang didapat di Payakumbuh.” sebut Tien.

Kepada Y, secepatnya akan dilakukan tracking untuk dilakukan swab test, sementara besok Minggu akan dilakukan pemeriksaan keluarganya sebanyak enam orang di Rumah Sakit Ahmad Darwis Suliki.

Baca Juga : Simpan Sabu Dalam Koper, Sepasang Pasutri Dicokok Polisi

Lanjut, Tien, Y akan di karantina di Padang, dan terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan apakah pasien tersebut memiliki penyakit lain atau tidak sebagai pertimbangan mengambik tindakan.

Dalam kesempatan yang sama, Tien menyampaikan telah, mengirimkan sampel sekitar 75 sampel ke Laboratorium FK Unand dan Laboratorium Veteriner Bukittinggi, sebanyak 33 sampel lama dan 42 sampel yang baru.

Baca Juga : Rp500 Juta Raib, Nasabah Bank di Kediri Dirampok

Tien mengingatkan agar masyarakat tetap disiplin, jangan panik, tetap di rumah, jika keluar keluar dihimbau untuk memakai masker. (*)
 

Reporter : Metria Indeswara | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]