Kelurahan Air Manis Dilanda Gelombang Besar, 10 Rumah Warga Terdampak Abrasi


Sabtu, 09 Mei 2020 - 14:42:00 WIB
Kelurahan Air Manis Dilanda Gelombang Besar, 10 Rumah Warga Terdampak Abrasi Kondisi rumah warga yang berada dilokasi pantai air manis yang bertahan dari hempasan gelombang besar, Sabtu (9/52020)

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Gelombang besar yang terjadi di Kelurahan Air Manis, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang menimbulkan abrasi. Akibatnya, 10 rumah warga yang ada disekitar pantai terkena dampak dari abrasi tersebut.

Beruntung, tidak korban jiwa dari gelombang, namun warga yang ada disepanjang pantai merasa was-was dengan keadaan rumahnya yang rata-rata sudah rapuh dan mudah roboh.

Namun, dari pasca gelombang itu, warga disibukkan dengan membersihkan rumah mereka yang telah dimasuki air pantai. 

Adnil, adalah seorang warga setempat mengatakan, bahwa gelombang besar tersebut telah terjadi dua ini. Sehingga warga yang ada disepanjang pantai merasa was-was atas kejadian itu.

"Gelombang itu terjadi sekitar pukul 08.00 WIB pagi tadi. Akibatnya, sebanyak lebih 10 KK yang terkena dampak abrasi tersebut," sebut Adnil, Sabtu (9/2020)

Korlap Padang Baywatch Pantai Air Manis, Rudi Putra membenarkan bahwa telah terjadi pasang air laut, sehingga 10 rumah yang terletak di RT 1/RW 01 terkena dampak dari gelombang.

"Ketika kami menuju lokasi, memang air telah merembes ke dalam rumah warga. Beruntung, tidak korban jiwa ataupun merusak rumah, tapi sampai kapan rumah yang sudah keropos itu bisa bertahan dari terjangan gelombang," terangnya.

Sementara Lurah Air Manis, Zainal Efendy mengatakan, bahwa pihaknya telah mengajukan permohonan bantuan untuk membantu memperbaiki rumah tersebut, namun ada tanggapan.

"Jauh-jauh hari kami telah mengajukan permohonan bantuan untuk perbaikan rumah kepada pemerintah setempat, namun belum ada tanggapan. Mungkin pemerintah juga sedang sibuk dalam penanganan covid-19," imbuhnya. (*)

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]