Dinas Pertanian Pastikan Aktivitas Pertanian di Kota Padang tak Terpengaruh Corona


Ahad, 10 Mei 2020 - 12:07:23 WIB
Dinas Pertanian Pastikan Aktivitas Pertanian di Kota Padang tak Terpengaruh Corona Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat. Foto: metrokini.com

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wabah virus Corona atau Covid-19 membuat sejumlah aktivitas lumpuh. Lalu bagaimana dengan kondisi pertanian di Kota Padang? Dinas Pertanian setempat menjamin bila kondisi pertanian di Kota Padang masih aman hingga saat ini, meskipun di tengah pandemi Corona. Bahkan belum ada kendala berarti yang membuat aktivitas pertanian 'lumpuh'.

"Alhamdulillah kalau aktivitas pertanian sampai sekarang belum ada berpengaruh, masih aman dari kasus virus Covid-19," sebut Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat saat dihubungi Harianhaluan.com, Minggu (10/5/2020).

Meskipun aktivitas pertanian belum terganggu, Syahrial menyebutkan, bahwa pihaknya melalui penyuluh pertanian tetap memberikan sosialisasi dan edukasi pada petani terkait Covid-19. Petani diimbau agar mematuhi prosedur tetap pencegahan penyebaran Covid-19.

"Seperti menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak interaksi atau tidak berkumpul-kumpul, dan segera mandi ketika sampai di rumah usai beraktivitas. Penyuluh petani kita ada sebanyak 46 orang," pesan Syahrial.

Pasalnya, Dinas Pertanian terus berupaya dalam mengingatkan ketika penyuluh akan turun ke lapangan supaya mengingatkan petani terkait antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19. Menurut dia, hingga saat ini belum ada petani yang ditemukan positif terpapar Covid-19 di Kota Padang.

Sebab kebanyakan yang terjangkit adalah tenaga kesehatan, pedagang di Pasar Raya Padang, dan mereka yang kembali dari Jakarta atau luar negeri

"Penyuluh biasanya rutin bertemu, diberi kesadaran petani untuk jaga jarak. Kemudian kalau ada tamu-tamu yang datang dari luar diberi tahu supaya tidak terjangkit, kita coba dekati dulu. Kalau selama 14 hari sudah dikarantina dan dinyatakan aman, baru bisa melakukan interaksi dengan petani," tandasnya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]