Kenali Perbedaan Bansos Provinsi dan Kemensos, Ini Penjelasan Kepala Pos Padang


Ahad, 10 Mei 2020 - 17:09:46 WIB
Kenali Perbedaan Bansos Provinsi dan Kemensos, Ini Penjelasan Kepala Pos Padang Kepala Kantor Pos Padang, Sartono. Foto: Metria Indeswara

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Perlu diketahui, terdapat dua jenis bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak Covid-19. Yang pertama bantuan dari Kementrian Sosial dengan menggunakan anggaran APBN dan bantuan dari provinsi menggunakan anggaran APBD.

Kepala Kantor Pos Padang, Sartono mengatakan, bantuan ini merupakan kerja sama dengan dinas sosial untuk penyaluran bagi masyarakat terdampak Covid-19.

"Untuk bantuan BLT memang dilakukan secara door to door atau diantarkan langsung ke rumah masyarakat, namun berbeda dengan BST kemensos, pembayarannya dilakukan di seluruh kantor Pos Indonesia," katanya, Minggu (10/5/2020).

Alokasi dana APBD provinsi untuk Kota Padang sebanyak 13.415 KK sedangkan untuk alokasi BST Kemensos Kota Padang sebanyak 17.303. Besaran dana kemensos yakni 600 ribu perbulan, sedangkan BLT Provinsi 1.200.000 ribu untuk bulan April dan Mei.

Lanjut Sartono, melalui data yang diterima, bantuan dari Kemensos memang di lakukan di seluruh loket pos yang ada. Di Kota Padang sendiri, hanya dilakukan di Kantor Pos Pusat Padang, tidak melayani di beberapa kantor cabang dengan alasan tidak memungkinkan.

"Beberapa kantor pos cabang yang ada tidak memiliki area yang luas, demi menjaga keamanan, makanya hanya dilakukan di Kantor Pusat Padang untuk daerah Kota Padang," katanya.

Pencairan untuk BST sudah dilakukan semenjak Sabtu, (9/5/2020) kemaren dengan membagi 11 kecamatan setiap harinya. Penyaluran pertama dimulai dari Kecamatan Padang Barat, kemudian dibagi menjadi lima kelurahan. Pagi harinya, dari kelurahan Rimbo Kaluang dengan alokasi 164 RPM, ujung gurun 180 RPM dan Kampuang Juo 48 RPM.

Kemudian dilanjutkan siang hari dari pukul 13.00 WIB sampai 16.30 WIB, yakni daerah Kampung Pondok 143, Olo 219. "Dari evaluasi kemaren daya serap 77 persen, sehingga 584 penerima sudah kita bayarkan" tambah Sartono.

Besok, Senin kita masih lanjut Kecamatan Padang Barat, dengan jadwal pagi, Flamboyan 110 dan Purus 244, dan siangnya Belakang Tangsi 75, Berok Nipah 181 dan Padang Pasir 144.

"Warga Padang Barat yang belum menerima hari Sabtu, besok Senin bisa melaksanakan pembayaran," ujarnya.

Untuk Kecamatan lain di Padang, akan dilakukan secara bertahap, sehingga Selasa depan direncanakan menyusul Kecamatan Padang Timur.

"Kami sudah menyusun jadwal untuk masing-masing kecamatan, Padang Barat 1508 dibagi menjadi dua hari pembayaran dengan diatur pembayaran pagi dan siang. Kita sudah antisipasi masyarakat yang datang, pagi sudah diatur kelurahan sebanyak 309 orang dengan asumsi 3 jam. Jika antri dan tertip serta dokumen lengkap, maka antrian akan cepat," katanya.

Diakui Sartono, Penumpukan yang terjadi kemaren disebabkan karena banyaknya masyarakat yang seharusnya jadwal pagi, namun baru datang pada siang hari.

Dokumen yang dibawa penerima terdaftar bansos kemensos adalah e-KTP, KK ataupun keduanya. Karena pembayaran berdasarkan NIK dengan mencocokan data.

"Jika kepala keluarga meninggal atau berhalangan hadir boleh diwakilkan dengan anggota keluarga satu KK,"katanya.

Informasi mengenai penerimaan BST di Kantor Pos Kota Padang, sudah disampaikan kepada masing-masing kecamatan untuk selanjutnya diteruskan kepada kelurahan yang ada satu hari sebelum pelaksanaan pembayaran BST. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]