Peta Politik Tanah Datar Berubah, Daryanto Sabir Dt Majo Sinaro Pastikan Kembali Maju di Pilkada


Ahad, 10 Mei 2020 - 20:08:43 WIB
Peta Politik Tanah Datar Berubah, Daryanto Sabir Dt Majo Sinaro Pastikan Kembali Maju di Pilkada Daryanto Sabir Dt Majo Sinaro

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Peta politik menjelang pemilihan kepala daerah di Tanah Datar kini berubah. Hal itu terjadi lantaran mundurnya salah seorang calon bupati petahana Irdinansah Tarmizi.

Bakal calon yang yang kembali hadir pada bursa pencalonan kepala daerah di Tanah Datar, yaitu birokrat senior. Sang Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Tanah Datar, Daryanto Sabir Dt Majo Sinaro menyatakan dirinya kembali maju sebagai balon kepala daerah.

Sebelumnya pada masa-masa pendaftaran bakal calon ke partai politik tempo hari, hak politik Daryanto Sabir "tersandra" lantaran permintaan pimpinan daerah saat itu. Kala itu ia akan melakukan pendaftaran pada sejumlah parpol, namun mesti diurungkannya mengingat permohonan pimpinan untuk tidak mendaftar karena pimpinan daerah akan kembali maju. 

"Memang waktu itu saya akan mendaftar pada sejumlah parpol, bahkan saya sudah berkomunikasi sebelum mendaftar dengan pimpinan partai, secara etika selaku ASN tentu saya mohon izin dan memberitahukan pencalonan saya pada pimpinan, saat itu Pak Irdinansyah meminta saya agar tidak mendaftar ke partai, artinya pimpinan melarang saya karena kami sama-sama berasal dari Lintau yang tentu akan berdampak buruk untuk pertarungan politik," ujar Daryanto.

Dikatakan bapak satu cucu yang akan memasuki masa pensiun sebagai abdi negara pada Januari 2021 itu, karena kini telah resminya calon petahana Irdinansah Tarmizi mundar dari bursa pencalonan, ia justru kembali meneruskan niatnya untuk berjuang memberikan pengabdian terbaiknya kepada masyarakat, untuk membangun daerah yang lebih baik.

Jika dilihat Karirnya di birokrasi cukup bagus dan telah menjabat berbagai dinas di dua daerah yaitu di Kota Padang dan di Tanah Datar, di Kota Padang ia mengabdi selama 20 tahun, diantara bidang yang pernah dipimpin yaitu dua kali menjadi Kepala Bagian dan 4 kali menjadi Kepala Bidang, sedangkan di Tanah Datar, mulai dari Sekrataris Dinas dan 4 kali menjadi Kadis diantaranya Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika, Dinas Peternakan dan Perikanan, Dinas Pertanian dan kini kembali menjabat sebagai Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan.

Seperti diketahui, kepribadian birokrat senior ini cukup dekat dengan masyarakat, disenangi atasan dan bawahan ditempat yang ia pimpin, mudah bergaul dengan siapa pun serta bisa menerima masukan, meskipun dari anak buahnya yang golongan rendah sekalipun, ia selalu mendengarkan hal-hal kecil dari anggotanya sebelum mengambil kebijakan. 

"Direntang panjang dulu apa yang akan menjadi kebijakan kita bersama tim dalam suatu kegiatan, perintah dilaksanakan, dilaporkan dan jika ada yang kurang diperbaiki, dibahas apa kekurangannya itu, dan tentu kita mesti menguasai tupoksi, ketahui apa yang terkait dengan bidang kita. Kemudian apa kelebihan dan kekurangan anggota tentu mesti dipetakan, dari kekurangan itu kita ambil dalam menyelesaikan permasalahan. Kita juga mesti memberikan suport, motivasi sesuai kebutuhan organisasi dan melihat mana yang menjadi prioritas, apa yang menjadi kebutuhan masyarakat tentu diawali dari permasalahan yang mendasar, prioritas sesuai kebutuhan dan bukan keinginan," ujar Daryanto.

Dikatakan, tidak sesuainya harapan dengan kenyataan, itulah yang menjadi permasalahan, yang kemudian hal tersebut diidentivikasi masalahnya, begitulah birokrat pola senior ini dalam memimpin dimanapun ia mendapatkan amanah sebagai kepala.

"Jika mendapatkan dukungan masyarakat untuk maju sebagai bakal calon kepala daerah atau wakil kepala daerah saya siap, meskipun saya harus pensiun beberapa bulan sebelum masa semestinya tiba, saya siap. Keinginan saya untuk menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk mengubah pembangunan Tanah Datar kearah yang lebih baik," ujarnya.

Disebut-sebut, Daryanto Sabir bakal maju berpasangan dengan politisi perempuan, mantan Anggota DPR RI periode 2014 - 2019 Betty Shadiq Pasadigue. "Memang jauh-jauh hari kami telah membangun komunikasi politik menuju pilkada ini, kemudian pasca mundurnya Pak Irdinansyah sebagai bakal calon, komunikasi ini kembali saya lakukan, semoga nanti kami jodoh dan masyarakat serta parpol juga bisa merestui," ujarnya. (*)

Calon pasangan bupati dan wakil bupati Tanah Datar periode 2021 - 2026 Betty Shadiq dan Daryanto Sabir. IST

Reporter : Feri Maulana /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 06 Januari 2020 - 23:40:47 WIB

    Bawaslu Pessel Ingatkan Petahana, Setelah 8 Januari Tidak Boleh Ada Mutasi Pejabat

    Bawaslu Pessel Ingatkan Petahana, Setelah 8 Januari Tidak Boleh Ada Mutasi Pejabat PESSEL,HARIANHALUAN.COM-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan, mewanti-wanti kepala daerah setempat untuk tidak melakukan mutasi jabatan pejabat atau ASN enam bulan jelang penetapan pasangan calon..
  • Senin, 30 Desember 2019 - 20:37:49 WIB

    Gibran Bikin Resah Petahana

    Gibran Bikin Resah Petahana SOLO, HARIANHALUAN.COM - Kaos putih, celana hitam dan memegang cangkul. Begitu santai tampilan Gibran Rakabuming bersama para pendukung membersihkan aliran air keruh. Kejadian itu diabadikan, kemudian buming sejagat media sos.
  • Selasa, 16 Oktober 2018 - 11:08:52 WIB
    CARA GOLKAR MEMPERTAHANKAN KEMENANGAN

    Punya Kader Petarung, Targetkan 11 Kursi

    Punya Kader Petarung, Targetkan 11 Kursi PADANG, HARIANHALUAN.COM – Partai Golkar mulai bergerak massif jelang Pemilu 2019. Golkar tak mau main setengah hati dan menargetkan perolehan 11 kursi di DPRD Sumbar. Sebagai partai besar sekaligus pemenang Pemilu 2014 di .
  • Jumat, 06 Juli 2018 - 09:02:31 WIB

    Fadly-Asrul Menang Tipis, Kalahkan Petahana 853 Suara

    Fadly-Asrul Menang Tipis, Kalahkan Petahana 853 Suara PADANG PANJANG,HARIANHALUAN.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang Panjang akhirnya menggelar rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pilkada Padang Panjang, Kamis (5/7). Hasil hitungan KPU, Hendri Arnis yang merupakan p.
  • Jumat, 29 Juni 2018 - 11:56:43 WIB

    Tumbangkan Petahana, Deri Asta: Ini Kemenangan Masyarakat Sawahlunto

    Tumbangkan Petahana, Deri Asta: Ini Kemenangan Masyarakat Sawahlunto SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM-Pasangan calon walikota dan wakil walikota Sawahlunto Deri Asta dan Zohirin Sayuti (Deraz) sementara unggul dengan meraih 16.317 suara atau 47,02 persen dari suara sahHarianHaluan.Comkada serentak.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]