Respon Ricuh Pembagian BLT, Forkopimca Tatap Muka dengan Warga Lengayang


Senin, 11 Mei 2020 - 21:20:38 WIB
Respon Ricuh Pembagian BLT, Forkopimca Tatap Muka dengan Warga Lengayang Puluhan masyarakat mendatangin Kantor Wali Nagari Kambang Utara untuk mendengarkan penjelasan bantuan dana BLT bersama Forkopinca kecamatan tersebut. Foto: M Joni

PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintahan Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan mengelar tatap muka dan dengar pendapat dengan masyarakat, terkait pendatangan ulang atas penerimaan bantuan dana BLT, kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula nagari Kambang Utara, Senin (11/5).

Tatap muka tersebut dihadiri oleh Camat Lengayang Zoni Eldo, Kapolsek Lengayang Iptu Beni Hari Muryanto, Danramil 04/Lengayang Kapten ARM Syahrial Harahap, Wali Nagari Kambang Utara Ulsabri, Ketua Bamus Kambang Utara Damar dan erwakilan Tomas, Toda dan Perempuan. warga di Nagari Kambang Utara.

Masyarakat mempertanyakan sistem pembagian dana BLT tersebut karena ada masyarakat yang kurang mampu tidak dapat dana BLT, sedangkan yang kehidupannya mampu dapat bantuan tersebut,selama ini tidak adanya adanya pemberitahuan atau penjelasan dari Wali Nagari kepada masyarakat.

Tuntutan lainya,masyarakat memintak Wali Nagari dan perangkatnya mengundurkan diri, karena dinilai telah banyak melakukan kekeliruan dalam mengemban jabatannya serta banyak melakukan Nepotisme.

Walinagari Kambang Utara, Ulsabri menegaskan, jika secara jabatan seluruh perangkat Nagari Kambang Utara besedia untuk mengundur diri, namun harus sesuai prosedur dan peraturan yang berlaku.

Terkait tuntutan, masyarakat tersebut ,Walinagari Kambang Utara akan mengadakan rapat dengan seluruh perangkat Nagari dan tokoh masyarakat serta akan segera melaporkan permasalahan yang terjadi kepada Inspektorat Kabupaten.Pesisir Selatan secara berjenjang.

Keselahan tekhnis dalam penerimaan bantuan bukan di dasari oleh kesalahan perangkat Nagari Kambang Utara, namun kekeliruan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dalam menentukan dan menetapkan penerimaan Bansos, kata Ulsabri.

Menyinggung tentang pelayanan perangkat Nagari Kambang Utara yagg dinilai tidak humanis oleh masyarakat, Wali Nagari Kambang Utara Ulsabri telah memberhentikan beberapa perangkat Nagari yang di anggap tidak layak.

Sementara Camat Lengayang, Zoni Eldo menuturkan, telah menjelaskan dan mensosialisasikan alur pedistribusian dana BLT mulai dari Pusat, Provisi, kab/kota dan Nagari, maka untuk itu bagi masyarakat yang tidak mendapatkan bantuan pada BLT Provinsi masih bekesempatan mendapatkan bantuan lainnya seperti, bantuan dari Kementrian, Kabupaten serta dari Nagarai (Dana Desa).

"Pendistribusian dana BLT dalam hal ini oleh Pihak Kantor PT Pos & Giro melalui Nagari di hentikan sementara, sampai adanya penyesuaian data warga yang patut penerima," tegas Zoni.

Namun kalau warga tidak percaya dengan data pihak nagari maka silahkan, Kecamatan akan ambil alih dan memberi kepercayaan kepada warga untuk mendata dan nanti akan diverifikasi secara bersama. (*)

Reporter : M Joni /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]