Gharin Masjid Masuk Kategori Pekerja Non Formal Diusulkan Masuk Data JPS 


Selasa, 12 Mei 2020 - 11:11:01 WIB
Gharin Masjid Masuk Kategori Pekerja Non Formal Diusulkan Masuk Data JPS  Foto dari website resmi Pemkab Pessel

PESISIR SELATAN, HARISNHALUAN.COM - Di Kabupaten Pesisir Selatan, sebanyak 546 orang gharin masjid pada 15 kecamatan mengalami dampak corona secara ekonomi dan menerima bantuan sembako.

Hal itu disebutkan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab Pesisir Selatan, Yoli Aang Sofria, S.STP, M.Si dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Selasa (12/5).

Dikatakannya, penyaluran bantuan sembako untuk para gharin masjid itu telah selesai, di mana untuk hari pertama disalurkan di enam kecamatan. Mulai dari Batang Kapas, Sutera, Lengayang, Ranah Pesisir, Linggo Sari Baganti sampai Air Pura.

Sedangkan pada hari kedua mulai dari Kecamatan Koto XI Tarusan, Bayang Utara, Pancung Soal hingga Silaut. Kemudian hari ketiga disalurkan mulai Kecamatan Bayang hingga IV Jurai.

Dijelaskan lebih lanjut, penyaluran sembako tersebut dilakukan bersama Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Pesisir Selatan.

"Ya, bantuan sembako itu sedikit banyak dapat meringankan beban ekonomi para gharin dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Mereka layak dapat bantuan, karena masuk pada kategori pekerja non formal yang terdampak secara ekonomi akibat Covid-19," ucapnya.

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan meminta agar gharin masjid itu masuk dalam data Jaring Pengaman Sosial (JPS).

Untuk itu, dalam pendataan yang dilakukan pemerintah nagari, gharin mestinya masuk dalam data penerima bantuan sosial apakah BLT, BPNT atau PKH.

"Betul, gharin hendaknya menjadi perhatian pemerintah dan masuk dalam data JPS. Pasalnya, mereka kesulitan memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga, apalagi disaat Pandemi Covid-19 saat ini," sebutnya. (*)

pesisirselatankab.go.id

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]