Jenazah Seorang PDP di Dharmasraya Dimakamkan Sesuai SOP Covid-19


Selasa, 12 Mei 2020 - 18:12:12 WIB
Jenazah Seorang PDP di Dharmasraya Dimakamkan Sesuai SOP Covid-19 Situasi proses pemakaman almarhum TM (23) warga Koto Padang Kecamatan Koto Baru, ia meninggal Selasa sore ini di RSUD Sungai Dareh setelah masuk PDP satu hari sejak kemarin.MARYADI

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Satu lagi Pasien Dalam Pemantauan (PDP) meninggal dunia di RSUD Sungai Dareh, sore ini.

Menurut warga setempat Mulya, kepada harianhaluan.com, memang awalnya pihak keluarga tidak mau jenazah dimakamkan sesuai SOP Covid 19, namun setelah diberi penjelasan kepada pihak keluarga, akhirnya pihak keluarga menerima pemakaman sesuai SOP Covid 19.

Warga PDP berinisial TM (23), warga Nagari Koto Padang, Kecamatan Koto Baru tersebut, masuk dalam daftar PDP yang dirawat di RSUD Sungai Dareh, sejak Selasa pagi, karena pasien tersebut gejala panas tinggi, selain itu ia juga menderita sakit gula.

Namun tadi sore almarhum menghembuskan nafas terakhirnya, karena ia ada gejala panas tinggi, maka harus dimakamkan sesuai SOP Covid 19. Pihak keluarga sudah menerima agar jenazah almarhum dimakamkan sesuai SOP Covid 19 pada sore ini juga.

Kepala Dinas Kesehatan Dharmasraya yang juga Juru Bicara Bupati dr Rahmadian S, ketika dikonfirmasi menjelaskan, bahwa memang almarhum masuk dalam PDP, namun PDP tidak pasti positif Covid 19, karena hasil swab test belum keluar.

Ia minta masyarakat memahami hal ini, karena jangan sampai salah pengertian bahwa jenazah yang dimakamkan sesuai SOP Covid 19 tidak pasti positif Covid 19. "Kita makamkan sesuai SOP Covid 19 karena almarhum ada gejala panas tinggi, namun hasil swab belum keluar, jadi tidak pasti positif Covid 19," imbuhnya.

Sebelumnya satu PDP asal Dharmasraya yang berdomisili di Nagari Sipangkur Kecamatan Tiumang juga meninggal dunia di RS M Djamil Padang yang pemakamannya juga sesuai SOP Covid 19 pada malam itu juga.(*)

Reporter : Maryadi /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 17 April 2020 - 18:07:09 WIB

    Bupati/Walikota Dengar! Ini Instruksi Gubernur Sumbar soal Antisipasi Penolakan Jenazah Corona

    Bupati/Walikota Dengar! Ini Instruksi Gubernur Sumbar soal Antisipasi Penolakan Jenazah Corona PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Antisipasi penolakan pemakaman jenazah Covid-19 dari sebagian masyarakat di daerah, maka Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengeluarkan instruksi kepada Bupati dan Walikota..
  • Jumat, 10 April 2020 - 20:08:14 WIB

    Jenazah Positif Corona Dimakamkan di Pasbar, Pemkab Minta Warga Tak Resah

    Jenazah Positif Corona Dimakamkan di Pasbar, Pemkab Minta Warga Tak Resah PASAMAN BARAT, HARIANHALUAN.COM - Tim Satgas Covid 19 Pasaman Barat (Pasbar) meluruskan kronologis kasus pasien Covid 19 warga Pasbar yang berdomisili di Kota Padang yang dimakamkan Kamis (9/4/2020) di Nagari Sinuruik, Kecama.
  • Ahad, 12 Februari 2017 - 11:49:19 WIB

    Jenazah Almarhum Muslim Kasim Tiba di BIM, Sejumlah Tokoh Beri Penghormatan

    Jenazah Almarhum Muslim Kasim Tiba di BIM, Sejumlah Tokoh Beri Penghormatan PADANG PARIAMAN, HALUAN—Jenazah almarhum mantan Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim telah sampai di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang Pariaman, menggunakan pesawat Lion JT 350 dari Jakarta, Minggu (12/2) pukul 1.
  • Selasa, 16 Agustus 2016 - 04:11:36 WIB

    Bupati Lepas Jenazah Maryanis

    Bupati Lepas Jenazah Maryanis AGAM, HALUAN — Setelah lebih kurang sepuluh hari dira­wat karena sakit Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Infor­matika (Dishubkominfo) Agam, Drs Mar­yanis Mahyud­din menghembuskan nafas terakhirnya di usia 58, Seni.
  • Selasa, 26 Juli 2016 - 05:01:33 WIB

    ABTB Gelar Lomba Penyelenggaraan Jenazah

    ABTB Gelar Lomba  Penyelenggaraan Jenazah BUKITTINGGI, HALUAN — Pe­tu­gas penyelenggara jenazah ditengah masyarakat akhir-akhir ini dirasakan semakin sulit ditemukan, sementara masyarakat sangat mem­butuhkan di saat terjadinya musibah yang tidak bisa diduga kapa.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]