17 Ribu Warga Padang Dapat BLT Kemensos, Penerima Diwajibkan Datang ke Pos


Rabu, 13 Mei 2020 - 06:06:54 WIB
17 Ribu Warga Padang Dapat BLT Kemensos, Penerima Diwajibkan Datang ke Pos Kepala Kantor Cabang Padang Sartono. doc Harianhaluan.com

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Kementerian Sosial (Kemensos) mulai dibagikan. Karena Kantor Pos Pusat Kota Padang sudah mengagendakan pembagian BLT sebesar Rp600 ribu kepada 17.303 warga di Kota Bingkuang. Jadi warga yang menerima BLT dari Kemensos wajib mendatangi ke kantor Pos Pusat.

Kepala Kantor Cabang Padang Sartono mengatakan, pihaknya telah menyalurkan bantuan langsung tunai dari Kemensos RI yang dimulai sejak Sabtu 9 Mei 2020 lalu pada 17.303 rumah tangga penerima manfaat di daerah ini. Namun bantuan sosial tunai tersebut tidak diantarkan ke rumah penerima, melainkan warga penerima menjemput ke Kantor Pos Pusat Jalan Bagindo Aziz Chan.

"Mekanismenya tidak seperti bantuan dari provinsi yang diantarkan langsung ke rumah. Jemput langsung ke kantor pos pusat, tidak bisa di kantor pos yang ada di kecamatan," kata Sartono, baru-baru ini.

Sartono mengungkapkan, dengan membawa kartu keluarga dan kartu tanda penduduk, warga yang sudah terdaftar, dapat mencairkan uang tunai sebesar Rp600 ribu untuk satu bulan. Bantuan akan diberikan bertahap untuk tiga bulan yakni April, Mei dan Juni, dengan total dana satu Rp1,8 juta.

"Yang cair baru untuk April sebesar Rp600 ribu," sebut Sartono.

Menurut Sartono, pemberian bantuan dari Kementrian Sosial ini digilir per kecamatan setiap harinya. Kecamatan pertama yang dapat mengambil bantuan yakni Kecamatan Padang Barat pada Sabtu 9 Mei, dan masih dilanjutkan pada Senin 11 Mei, sedang pada hari Selasa 12 Mei bantuan dijadwalkan bagi rumah tangga penerima manfaat di Kecamatan Padang Timur.

"Dalam satu hari, petugas membatasi pencairan bagi 750 orang, dan ditargetkan penyaluran bantuan dapat diselesaikan 20 Mei atau setidaknya sebelum Idul Fitri. Paling banyak menerima nanti dari Kecamatan Koto Tangah," ujar Sartono.

Sartono menambahkan, dalam menyalurkan bantuan pusat tersebut pihak menerapkan protokol Covid-19 seperti menyediakan tempat cuci tangan, menjaga jarak tempat duduk, membagi waktu pembangian bantuan guna mengantisipasi kerumuman masyarakat saat mengambil bantuan.

"Namun pada pencairan pertama, banyak masyarakat yang tidak mematuhi protokol Covid-19, sehingga terjadi keramaian Kondisi itu menjadi bahan evaluasi bagi PT Pos Cabang Padang agar tidak terjadi kembali. "Besok akan lebih kami perhatikan terkait physical distancing ini," tuturnya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 31 Desember 2019 - 23:54:08 WIB

    Tingkatkan Kinerja, Masuki Tahun 2020 Wako Padang Mahyeldi Lantik 172 Pejabat

    Tingkatkan Kinerja, Masuki Tahun 2020  Wako Padang  Mahyeldi  Lantik 172 Pejabat PADANG,HARIANHALUAN.COM-- Bertepatan di momen penghujung tahun 2019 menuju awal tahun baru 2020, Pemerintah Kota Padang melakukan penyegaran besar-besaran dengan melakukan pelantikan ke sejumlah pejabat untuk jabatan eselon I.
  • Kamis, 09 Agustus 2018 - 15:16:09 WIB

    617 PNS Pemko Padang Pensiun, Pengajuan 658 CPNS Masih Menunggu

    617 PNS Pemko Padang Pensiun, Pengajuan 658 CPNS Masih Menunggu PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pemerintah Kota (Pemko) Padang mengajukan permintaan 658 formasi umum Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ke Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) tahun ini. .
  • Selasa, 02 Januari 2018 - 10:22:30 WIB

    Persentase Penyelesaian Kasus 2017 Lebih Rendah

    Persentase Penyelesaian Kasus 2017 Lebih Rendah PADANG, HARIANHALUAN.COM – Angka kejahatan di Padang sepanjang tahun 2017 menurun dibanding tahun sebelumnya. Hanya saja tingkat penyelesaian perkara yang masuk ke jajaran Polresta Padang justru lebih rendah dibanding tahun.
  • Rabu, 22 November 2017 - 04:02:08 WIB

    Bus Rebah Kuda di Bypass KM 17

    Bus Rebah Kuda di Bypass KM 17 PADANG, HALUAN--Sebuah bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) jurusan Padang-Pasaman mengalami rebah kuda dan terperosok ke dalam saluran air di Jalan Bypass KM 17, Padang, Selasa (21/11). Bus yang tengah melaju dari arah Pad.
  • Jumat, 10 November 2017 - 12:02:24 WIB

    Permenhub 108/2017 Diterbitkan, Dishub Segera Tertibkan Angkutan Online

    Permenhub 108/2017 Diterbitkan, Dishub Segera Tertibkan Angkutan Online PADANG, HARIANHALUAN.COM--Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Padang, Dedi Henidal menyebutkan, angkutan yang berbasis online akan segera ditertibkan..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]