Ketua RT Kaget Melihat Banyak Warganya Dapat Double BLT di Kota Padang


Rabu, 13 Mei 2020 - 06:44:36 WIB
Ketua RT Kaget Melihat Banyak Warganya Dapat Double BLT di Kota Padang Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pendataan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Kota Padang bagi masyarakat yang terdampak Corona atau Covid-19 ternyata masih banyak kekeliruan. Sebab, seharusnya bantuan yang diterima hanya untuk satu Kepala Keluarga (KK). Namun sayangnya, masih ditemukan nama double dalam penerimaan bantuan tersebut.

Bahkan mantan Calon Legislatif (Caleg), Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga orang yang sudah pindah domisili bertahun-tahun pun turut mengambil bagian sebagai penerima BLT. Akibatnya banyak warga yang tidak mempercayai keakuratan data bantuan Kota Padang itu.

Dari pantauan Harianhaluan.com, Rabu (13/5/2020) di list BLT Kota Padang, ada sejumlah data yang tidak sesuai peruntukannya. Contohnya saja di Jalan Bandes Parak Jigarang, Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji.

Di daerah ini ada ratusan warga yang mendapatkan bantuan. Beberapa diantaranya diketahui sudah pindah domisili, penerima ganda, hingga berstatus sebagai abdi negara. Selain itu, ada yang terdaftar sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH) juga terdata dalam bantuan Corona kota Padang.

Kisruh data bantuan ini membuat RT 01 RW 05, Amran mengeluarkan keluh kesahnya di grup WhatsApp RT setempat. Dalam postingannya, Amran mengaku kewalahan menghadapi warga yang tak mempercayai data-data penerima BLT. Pasalnya, ada nama mereka yang ganda, dan sudah pindah domisili.

"Warga RT 01 RW 05 saya menghimbau tolong juga di bagikan ke grup data warga yang terdampak Covid-19. Kasihan kita sama warga yang tidak mempercayai data bantuan tersebut. Karena ada yang mengira datanya dikirim ke kelurahan tapi tidak terdaftar," tulis Amran.

Tak lama setelah itu, Amran pun meng-upload Screen Shoot (SS) prosedur penyaluran bantuan Covid-19, mulai dari BLT Kota Padang, Provinsi, hingga Kemensos Non DTKS. Untuk BLT Pusat, penyaluran langsung ke pos. Sedangkan BLT Provinsi, pendistribusiannya langsung diantar oleh pihak pos ke rumah masing-masing.

"Kalau BLT Padang penyerahkan langsung ke Kelurahan. Jadi jangan merasa tidak dapat, karena yang paling banyak ada di data BLT Padang," begitu bunyi SS yang dikirimkan Amran ke grup RT 01 RW 05.

Saat disinggung terkait penerima ganda, Amran menegaskan khusus bagi warga yang namanya double harus memilih salah satu bantuan. Sementara dana yang dianggarkan Pemko Padang untuk penerima ganda tersebut akan dikembalikan lagi ke pihak Kelurahan.

"Gak boleh, bagi yang namanya ganda harus pilih salah satunya. Nanti uang yang tersisa itu kita serahkan lagi ke Kelurahan," tandasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Harianhaluan.com dari sumber terpercaya, BLT dari Pemerintah Kota Padang bakal dicairkan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 pada hari ini Rabu (13/5/2020). Hal ini setelah data penerima telah dinyatakan rampung sebanyak 74.126 kepala keluarga (KK).

Setiap kepala keluarga mendapatkan uang tunai sebesar Rp600 ribu. dana yang akan dibagikan kepada masyarakat terdampak telah ditransfer ke 104 kelurahan. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]