Seluruh Warga Wuhan Kembali di Tes Corona, Ada Apa?


Rabu, 13 Mei 2020 - 07:01:33 WIB
Seluruh Warga Wuhan Kembali di Tes Corona, Ada Apa? Foto: Siswa di Wuhan Mulai Bersekolah. (Chinatopix via AP)

WUHAN, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota Wuhan berencana untuk melakukan pengujian asam nukleat untuk mengetahui seseorang terinfeksi virus corona (COVID-19) atau tidak di seluruh kota selama 10 hari.

Dalam dokumen internal yang dilihat oleh Reuters, dua sumber yang mengetahui situasi tersebut, mengatakan setiap kabupaten di ibu kota provinsi Hubei sudah diberitahu untuk menyerahkan rencana terperinci di masing-masing wilayah pada Selasa (12/5/2020).

Namun hingga berita ini diturunkan, Otoritas kesehatan Wuhan tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar mengenai rencana ini. Meski demikian, banyak yang berpendapat, ini adalah update terbaru dari ditemukannya kluster lokal baru di Wuhan.

Wuhan merupakan episentrum pertama penyebaran virus dengan nama resmi SARS-CoV-2 ini. Penyakit COVID-19 sendiri disebut China pertama kali muncul pada Desember 2019 lalu.

Setelah lockdown selama 76 hari, Wuhan kembali dibuka pada 8 April yang lalu. Namun Senin kemarin, kota berpenduduk 11 juta orang ini melaporkan kelompok infeksi baru.

Selain Wuhan, Kota Shulan di Provinsi Jilin yang berbatasan dengan Korea Utara mulai diberlakukan lockdown oleh pemerintah akibat munculnya kluster infeksi COVID-19 baru di kota tersebut.

Dilansir South China Morning Post, diketahui kasus pertama COVID-19-19 ditemukan pada 7 Mei saat seorang wanita 45 tahun didiagnosis dengan Covid-19. Padahal kota sudah mencatat nol kasus sejak 9 April.

Berita ini merupakan kabar buruk bagi Shulan. Pasalnya, pemerintah baru saja merelaksasi aturan pembatasan sosial Jumat (8/5/2020) lalu, di mana tempat hiburan sudah diizinkan dibuka meski dengan jumlah pengunjung terbatas.

China Daratan kini menduduki urutan ke-11 dalam kasus terjangkit terbanyak secara global. Menurut data Worldometers per Rabu, China memiliki 82.919 kasus positif. (*)

Editor : Milna Miana | Sumber : CNBC Indonesia
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]