Resep Siobbuk dan Kapurut Khas Mentawai, Dijamin Bikin Ketagihan


Rabu, 13 Mei 2020 - 09:41:09 WIB
Resep Siobbuk dan Kapurut Khas Mentawai, Dijamin Bikin Ketagihan Siobbuk dan Kapurut.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kapurut dan obbuk, penganan dari sagu biasa kita temui saat berkunjung ke Mentawai terutama di Pulau Siberut. Makanan yang diolah dari tepung sagu ini bisa disajikan kapan saja dan disajikan dengan sup ikan atau daging.

Kapurut biasanya diolah dari tepung sagu yang dibungkus daun sagu lalu dibakar. Sementara obbuk merupakan tepung sagu yang diolah dalam tabung bambu lalu dibakar.

Keduanya diolah dengan kelapa parut namun memiliki cita rasa berbeda. Jika kapurut terasa agak keras saat sudah dingin sehingga cocok dicocol ke makanan berkuah, obbuk beraroma wangi bambu. Nah, sekarang Anda bisa membuat panganan tersebut di rumah. Siapkan bahan-bahan berikut:

Bahan utama:

⁃ Tepung sagu
⁃ Bambu muda
⁃ Daun sagu
⁃ Sup ikan atau daging

Cara membuatnya, tepung sagu halus dimasukkan ke dalam purut dengan cara melilit bagian tengah daun sagu. Setelah selesai dibuat sagu itu sebelum dimasak akan diletakkan ke dalam orek (keranjang yang berbentuk persegi, setelah itu baru diletakkan di atas sotdoi (tempat memasak sagu yang ada di dapur yang berbentuk kayu memanjang).

Sagu kapurut lalu dibakar di atas bara api sambil dikipas dengan bibitbit (kipas dari daun sagu). Kemudian dimasak antara 15 sampai 20 menit tergantung banyaknya. Setelah masak sagu tesebut akan dimasukkan kembali di orek dan siap untuk dikomsumsi.

Panjang sagu kapurut 40 cm dengan dengan ketebalan isi 2 cm. Isi kapurut biasanya putih kecoklatan. Kapurut biasa dimakan dengan lauk seperti daging babi, ayam, tamra, ikan, toek, dan tutube (ulat kayu kara-kara) dan jenis ikan lainnya.

Obbuk dimasak dalam bambu berukuran panjang 50 cm. Bambu ini sedikit tipis khusus untuk digunakan memasak sagu. Kaobbuk ini dimasak dengan cara direbahkan bukan diberdirikan karena kalau diberdirikan sagu bisa turun ke bawah sehingga obbuk jadi padat. (*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]