TP-PKK Pessel Bersama Dinas Perikanan Selatan Canangkan Program Gerakan Sejuta Kolam Rumah Tangga


Rabu, 13 Mei 2020 - 14:02:56 WIB
TP-PKK Pessel Bersama Dinas Perikanan Selatan Canangkan Program Gerakan Sejuta Kolam Rumah Tangga Lisda Hendrajoni

PESISIR SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Tim Penggerak PKK Kabupaten Pesisir Selatan bekerja sama dengan Dinas Perikanan setempat mencanangkan program gerakan 'Sejuta Kolam Rumah Tangga'.

Kolam Rumah Tangga yang dimaksud yaitu masyarakat membuat kolam ikan dengan memanfaatkan lokasi pekarangan rumah masing-masing. Sedangkan untuk bibit ikan akan dibantu gratis oleh Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan sesuai dengan kapasitas kolam yang telah disediakan oleh masyarakat.

Ketua TP PKK Kabupaten Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni mengatakan bahwa saat ini TP PKK Kabupaten Pesisir Selatan mencanangkan gerakan Sejuta Kolam Rumah Tangga. 

Ia menilai gerakan tersebut akan memiliki dampak yang baik untuk masyarakat karena hanya dengan memanfaatkan pekarangan untuk membuat kolam maka kebutuhan ikan keluarga sudah terpenuhi.

"Untuk tahap awal di Pesisir Selatan akan dilaksanakan sebanyak 10 ribu Kepala Keluarga (KK) dengan masing-masing akan dibantu sebanyak 100 ekor bibit ikan nila dan ikan lele, semua tentu tergantung dengan kapasitas kolamnya," ucap Lisda, dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Rabu (13/5).

Lisda juga menambahkan melalui gerakan ini juga akan dapat memberdayakan masyarakat agar memiliki jiwa wirausaha berskala kecil dengan memanfaatkan potensi lahan pekarangan untuk kegiatan ekonomi. 

Ia juga mengajak para kader PKK se-Kabupaten Pesisir Selatan untuk ikut dalam program tersebut karena gerakan Sejuta Kolam Rumah Tangga dapat memberikan dampak yang positif terhadap masyarakat.

"Dengan gerakan ini semoga akan dapat membantu menambah penghasilan keluarga. Untuk itu kita juga berharap agar masyarakat ikut menjalankan gerakan ini, mari segera siapkan kolam di rumah maka akan dibantu bibit ikan gratis," imbaunya.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan, Andi Syafinal membenarkan adanya program bantuan bibit ikan yang akan diselenggarakan bekerja sama dengan TP-PKK Pesisir Selatan. 

"Ada berbagai macam jenis ikan air tawar. Untuk 1 rumah bisa 200-300 bibit. Nanti bisa menghubungi TP-PKK Pesisir Selatan,” tutup Andi Syafinal.(*)

 

loading...
 Sumber : pesisirselatankab.go.id /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 26 Juli 2020 - 13:53:31 WIB

    Ketua TP-PKK Bukittinggi Sosialisasikan Pencegahan Covid-19 di SMK Genus

    Ketua TP-PKK Bukittinggi Sosialisasikan Pencegahan Covid-19 di SMK Genus HARIANHALUAN.COM - Ketua Tim Pengerak PKK Kota Bukittinggi, Yesi Ramlan Nurmatias sosialisasikan pencegahan Covid-19 ke keluarga besar SMK Kesehatan Genus Bukittinggi di Kampus 1 Jl. Birugo Bungo Kelurahan Birugo, Kamis (2.
  • Jumat, 12 Juni 2020 - 12:42:58 WIB

    TP-PKK Dharmasraya Luncurkan Kegiatan Perdana Posyandu Berbasis Tatanan New Normal

    TP-PKK Dharmasraya Luncurkan Kegiatan Perdana Posyandu Berbasis Tatanan New Normal HARIANHALUAN.COM - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Dharmasraya Dewi Sutan Riska, membuka kembali secara resmi kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di daerah itu secara simbolis .
  • Senin, 07 Oktober 2019 - 16:36:06 WIB

    TP-PKK Kota Pariaman Ikuti Pelatihan Pangan Lokal

    TP-PKK Kota Pariaman Ikuti Pelatihan Pangan Lokal PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman melaksanakan pelatihan pangan lokal untuk anggota PKK Kecamatan di wilayah setempat, di ruang tata boga SMK 2 Pariaman pada Senin (7/10)..
  • Selasa, 16 Juli 2019 - 16:11:17 WIB

    TP-PKK Dharmasraya Studi Banding ke Bukittinggi

    TP-PKK Dharmasraya Studi Banding ke Bukittinggi DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Kelurahan Cimpago Guguak Bulek, Kecamatan Mandiangan Koto Selayan, Kota Bukittinggi menjadi tujuan studi banding Kader PKK Jorong se-Kabupaten Dharmasraya, Selasa (16/7)..
  • Selasa, 18 September 2018 - 13:19:23 WIB

    TP-PKK Pessel Bedah Rumah Keluarga Miskin di Nagari Taratak

    TP-PKK Pessel Bedah Rumah Keluarga Miskin di Nagari Taratak PAINAN, HARIANHALUAN.COM-Tak kuasa mendengar kabar tentang kondisi kehidupan empat orang anak tanpa orangtua, di Nagari Taratak Sungai Lundang, Kecamatan Koto XI Tarusan. Ketua TP-PKK Pesisir Selatan (Pessel), Lisda Hendrajo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]