IDI Minta PSBB Tak Dilonggarkan, Ini Alasannya


Kamis, 14 Mei 2020 - 08:51:19 WIB
IDI Minta PSBB Tak Dilonggarkan, Ini Alasannya Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kasus baru Corona di Indonesia mencapai puncak tertinggi per 13 Mei kemarin. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) meminta pemerintah tidak melonggarkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sampai ada data yang jelas terkait pengendalian pandemi.

"Meminta agar pemerintah tidak melonggarkan PSBB sampai ada data yang tepat untuk dijadikan indikator dan kriteria berdasar aspek Medis-Epidemologis yang menjadi basis acuan sistem-sistem yang lain bisa dijalankan," kata Wakil Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi kepada wartawan, Kamis (14/5/2020).

Diketahui, laporan kasus baru Corona per 13 Mei mencapai angka tertinggi yaitu 689 kasus. Adib menilai penambahan kasus itu berbanding lurus dengan jumlah tes yang dilakukan.

"Penambahan kasus bisa diakibatkan penambahan jumlah sampel pemeriksaan dan bertambahnya tempat pemeriksaan PCR swab, bukan menggambarkan munculnya kasus baru," tutur Adib.

Selain itu, IDI juga meminta pemerintah melakukan evaluasi data COVID-19. Seperti membedakan intervensi daerah berdasarkan data yang akurat.

"Open data dan road map serta evaluasi penanganan COVID secara Medis-Epidemologi. Evaluasi Penanganan secara nasional dan per wilayah harus dibedakan sehingga fokus intervensi berdasar evaluasi dan berbasis data yang kuat dan terpercaya," ungkapnya.

Diketahui, kurva Corona Indonesia menanjak terjal pada Rabu (13/5) kemarin. Ada 689 kasus baru COVID-19 yang dikonfirmasi pemerintah yang disampaikan oleh Juru Bicara COVID-19, Achmad Yurianto. Angka kasus baru tersebut adalah yang tertinggi sejak Indonesia mengumumkan kasus pertama Corona pada 2 Maret lalu.

Hingga Rabu (13/5) sore, ada 15.438 kasus positif COVID-19. Penambahan kasus baru paling tinggi sebelumnya tercatat pada 9 Mei dengan 533 kasus baru.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]