Belalang Ternyata Enak Diolah Menjadi Rendang, Intip Resepnya Yuk


Kamis, 14 Mei 2020 - 09:18:53 WIB
Belalang Ternyata Enak Diolah Menjadi Rendang, Intip Resepnya Yuk Randang bilalang

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Rendang bilalang adalah makanan khas Kabupaten Sijunjung selanjutnya yang wajib Anda coba. Sesuai namanya, makanan yang satu ini adalah olahan rendang dengan menggunakan daging belalang. Makanan unik yang satu ini dapat Anda jumpai di ranah Minang, yaitu di Nagari Sisawah, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Masyarakat setempat biasa menangkap belalang untuk dijual kembali maupun diolah menjadi masakan rendang bilalang. Makanan ini menjadi salah satu favorit masyarakat setempat karena halal, harganya yang murah, serta rasanya yang gurih seperti udang. Selain rendang, daging belalang juga ditambahkan ke berbagai macam masakan seperti gulai dan balado. Penasaran bagaimana cara membuatnya?

Bahan utama:

    ⁃    Belalang
    ⁃    Cabai merah secukupnya
    ⁃    Bawang merah
    ⁃    Daun kunyit
    ⁃    Serai 
    ⁃    Kelapa parut
    ⁃    Santan
    ⁃    Garam secukupnya

Langkah pertama, untuk membuat masakan rendang belalang, langkah pertamanya adalah membuang kaki belakang belalang-belalang yang sudah berhasil ditangkap. Lalu siapkan bumbu-bumbunya, seperti cabe, bawang, daun kunyit, serai kemudian dihaluskan. 

Sedangkan bumbu utama rendang adalahkKelapa diparut, kemudian dioseng bersama bawang merah hingga berwarna coklat, lalu dihaluskan.
Untuk cara membuatnya, pertama masak santan dengan kuali dan perapian tungku kayu. Setelah mendidih, masukkan semua-bumbu yang sudah dihaluskan. Tunggu hingga mengental, dan barulah dimasukkan belalang.

Agar menghasilkan rendang belalang yang lezat dan gurih, masakan mesti diaduk selama dua jam lebih hingga kering dan berwarna kehitaman.
Setelah itu rendang belalang siap disajikan dan disantap bersama keluarga. Selamat mencoba!

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]