Berbuka Puasa Makin Mantap dengan Lamang Tongkat 'Guguih', Makanan Khas Sibusuak Kabupaten Sijunjung


Kamis, 14 Mei 2020 - 10:52:38 WIB
Berbuka Puasa Makin Mantap dengan Lamang Tongkat 'Guguih', Makanan Khas Sibusuak Kabupaten Sijunjung Guguih

SIJUNJUANG, HARIANHALUAN.COM - Guguih sendiri merupakan makanan yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Dinamakan lamang tongkat karena masyarakat percaya bahwa makanan ini adalah tongkat menuju surga. Oleh karena itu, lamang tongkat biasanya hanya dibuat pada saat musim lebaran haji saja.

Lamang tongkat adalah makanan tradisional dari daerah Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat. Masyarakat sekitar biasa menyebut makanan ini dengan nama guguih. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Berikut cara membuat guguih:

Bahan utama: 

    ⁃    Kelapa parut
    ⁃    Tepung beras
    ⁃    Garam secukupnya
    ⁃    Gula merah
    ⁃    Vanili bubuk secukupnya
    ⁃    Daun pisang

Langkah pertama, kelapa parut di sangrai sampai warnanya berubah menjadi cokelat. Kemudian tepung beras juga di sangrai sebentar. Setelah itu, Anda juga bisa merebus gula merah dan tambahkan pandan rebus hingga mencair.

Langkah berikutnya, campurkan kelapa parut yang sudah di sangrai  dengan tepung beras dan juga air rebusan gula aren tadi. Setelah semua bahan di campur dan menjadi adonan, lalu di remas-remas hingga keluar minyak kelapa. 

Setelah adonan berminyak, lalu di bungkus dengan daun pisang, dan dibentuk seperti tongkat lalu di ikat dengan tali. Setelah adonan di bentuk, lalu di rebus selama 1 jam. Selamat mencoba!

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 16 Mei 2020 - 19:50:47 WIB

    Ini Alasannya Kenapa Harus Berbuka dengan yang Manis

    Ini Alasannya Kenapa Harus Berbuka dengan yang Manis HARIANHALUAN.COM - Saat berbuka puasa, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan serta minuman yang manis. Hal ini pun menjadi salah satu hal sunnah dalam agama Islam, seperti makan kurma dan minum minuman yang manis..
  • Sabtu, 16 Mei 2020 - 09:29:21 WIB

    Cara Membuat Idiyappam Khas Pariaman untuk Takjil Berbuka Puasa

    Cara Membuat Idiyappam Khas Pariaman untuk Takjil Berbuka Puasa HARIANHALUAN.COM - Idiyappam atau Putu Mayang merupakan kuliner berjenis kue basah yang bentuknya menyerupai mie yang disusun sedemikian rupa. Kue ini sebenarnya berasal dari masyarakat keturuan India yang telah mengalami aku.
  • Ahad, 10 Mei 2020 - 21:06:45 WIB

    Wako Mahyeldi Serahkan 2000 Paket Berbuka Puasa

    Wako Mahyeldi Serahkan 2000 Paket Berbuka Puasa Seperti diketahui, sektor perhotelan merupakan salah satu sektor yang sangat terdampak dari wabah virus corona (Covid-19)..
  • Rabu, 06 Mei 2020 - 11:13:29 WIB

    Bikin Yuk! Rendang Belut Khas Batusangkar untuk Berbuka Puasa

    Bikin Yuk! Rendang Belut Khas Batusangkar untuk Berbuka Puasa PADANG, HARIANHALUAN.COM - Membicarakan rendang memang tak ada habisnya. Masakan khas Sumatera Barat (Sumbar) ini memang banyak sekali yang menyukai cita rasanya. Tidak hanya daging ataupun ayam, masyarakat Sumatera Barat (Su.
  • Selasa, 05 Mei 2020 - 08:46:50 WIB

    Maknyus! Resep Nasi Kapau Khas Bukittingi untuk Berbuka Puasa

    Maknyus! Resep Nasi Kapau Khas Bukittingi untuk Berbuka Puasa PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Nasi Kapau merupakan salah satu masakan nusantara yang sayang untuk dilewati. Terlintas memang seperti dengan nasi padang meskipun sama-sama berasal di daerah tanah Minang tetapi nasi Kapau memilik.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]