Setiap Nagari Waji Publikasikan Data Penerima Bansos Dampak Covid-19


Kamis, 14 Mei 2020 - 10:55:46 WIB
Setiap Nagari Waji Publikasikan Data Penerima Bansos Dampak Covid-19 Semua nagari di Kabupaten Pesisir Selatan wajib mengumumkan data penerima Bantuan Sosial (Bansos) dampak Covid-19

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Semua nagari di Kabupaten Pesisir Selatan wajib mengumumkan data penerima Bantuan Sosial (Bansos) dampak Covid-19. Hal itu dilakukan untuk transparansi penerima Bansos. Hal tersebut ditegaskan langsung oleh Bupati Pesisir Selatan, H.Hendrajoni melalui surat edaran yang ditujukan kepada camat dan walinagari se kabupaten No.410/110/Kominfo-PS/V/2020 tentang penyediaan dan publikasi data bantuan sosial dampak Covid-19.

Melalui surat edaran setiap nagari wajib mempublikasikan data penerima Bantuan Tunai Langsung (BLT), Jaring Pengaman Sosial (JPS), Program Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan lainnya. Kemudian, juga menyertakan foto data yang dipajang/ditempelkan di papan pengumuman tersebut sebagai bukti dan laporan transparansi penyaluran bantuan sosial Covid-19.

Hendrajoni juga menegaskan kepada seluruh camat agar dapat mengawasi pelaksanaan di lapangan, dan bagi nagari yang tidak melaksanakan sebagaimana mestinya dikenakan sanksi sesuai aturan perundang-undangan yang belaku. Sebagaimana diketahui, saat ini sudah ada nagari-nagari yang telah mempublikasikan data penerima bantuan sosial Covid-19 itu di kantor walinagari masing-masing dan fasilitas umum lainnya.

Dengan begitu, masyarakat bisa melihat siapa saja penerima bantuan sosial sesuai kategori yang ditetapkan. Sebab, dengan adanya publikasi data penerima bantuan sosial Covid-19 tersebut, diharapkan dapat mengantisipasi gejolak di tengah-tengah masyarakat. Kemudian dana BLT Dana Desa kini juga mulai disalurkan oleh sejumlah nagari kepada masyarakat miskin yang terdampak secara ekonomi akibat Covid-19. (*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Sumber : berita.pesisirselatankab.go.id /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 23 April 2020 - 07:26:55 WIB

    Mulyadi: Tempatkan Rapid Test di Setiap Pintu Masuk Sumbar

    Mulyadi: Tempatkan Rapid Test di Setiap Pintu Masuk Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Anggota DPR RI dapil Sumatra Barat (Sumbar) II Mulyadi tak henti-hentinya mengingatkan pemerintah daerah Ranah Minang untuk segera memiliki alat rapid test dengan jumlah yang cukup untuk menangani .
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 22:48:31 WIB

    Cek Posko Perbatasan Sumbar, Wagub: Setiap Kendaraan Wajib Diberhentikan!

    Cek Posko Perbatasan Sumbar, Wagub: Setiap Kendaraan Wajib Diberhentikan! PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menanggapi serius terhadap dampak penyebaran virus corona (Covid-19) masuk ke provinsi itu. Pada hari pertama ditetapkannya menerapkan sistem pembatasan selektif .
  • Kamis, 24 Oktober 2019 - 12:27:45 WIB

    Danau Singkarak Bertambah Luas Setiap Tahun, Ini Penjelasannya!!

    Danau Singkarak Bertambah Luas Setiap Tahun, Ini Penjelasannya!! BATUSANGKAR, HARIANHALUAN.COM - Tim Ahli Pokja Geopark Ranah Minang yang juga menjabat Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) pengurus daerah Sumatra Barat, Dian Hadiyansyah menyebut, Danau Singkarak yang terletak di Kabu.
  • Senin, 11 Maret 2019 - 13:37:16 WIB

    Kapolda Sumbar: Delapan Laka Lantas Setiap Hari

    Kapolda Sumbar: Delapan Laka Lantas Setiap Hari PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kondisi keselamatan dalam berlalu lintas di Sumbar semakin mencemaskan. Setidaknya, delapan kasus kecelakaan terjadi setiap harinya di Sumbar. Bahkan, satu hingga dua korban meninggal dunia tercatat.
  • Rabu, 27 September 2017 - 03:19:51 WIB

    Pemko Sawahlunto Bedah 30 RTLH Setiap Tahun

    Pemko Sawahlunto Bedah 30 RTLH Setiap Tahun SAWAHLUNTO, HALUAN - Setidaknya 30 rumah milik masyarakat tidak mampu diperbaiki dari kondisi tidak layak menjadi layak huni melalui program bedah rumah setiap tahunnya. Hal itu dilakukan untuk mengatasi masalah kemiskinan da.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]