Minta Di-rapid Test, Belasan Anggota DPRD Mentawai Tunjukkan Hasil Non-reaktif


Kamis, 14 Mei 2020 - 11:58:28 WIB
Minta Di-rapid Test, Belasan Anggota DPRD Mentawai Tunjukkan Hasil Non-reaktif Tim Gugus Tugas mengenakan APD lengkap mengambil sampel darah untuk rapid test di Kantor Sekretariat DPRD Mentawai

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM - Meski bukan ODP (Orang Dalam Pengawasan) 18 orang anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai minta kepada tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19, untuk dirapid test, alhasil non reaktif atau negatif rapid test. 

"Kemarin kita melakukan kegiatan rapid test atas inisiatif sendiri dari anggota DPRD Mentawai, sebenarnya yang kita rapid ada 29 orang termasuk 4 anggota polisi dan sebagian lagi staf, hasilnya non-reaktif," kata Lahmuddin Siregar, juru bicara gugus tugas, Kamis (14/05), melalui whatsapp pribadinya. 

Lahmuddin menyebutkan bahwa memperluas akses pemeriksaan kesehatan merupakan suatu upaya deteksi dini penyebaran Covid 19 di Kepulauan Mentawai, dalam rangka memutus mata rantai penularan wabah penyakit virus corona.  

"Metode Polymerace Chain Reaction (PCR) maupun Rapid Test adalah upaya deteksi yang dibutuhkan saat ini. Rapid Test Anti Bodi merupakan skrining terhadap penyakit Corona. Apabila dalam pemeriksaan dinyatakan reaktif maka selanjutnya akan dilakukan swab test untuk memastikan apakah seseorang tersebut terjangkit Covid-19," paparnya.

Sebelumnya, kata Lahmuddin, yang juga merupakan Kadinkes Mentawai tersebut pada hari Selasa 12 Mei, tim kesehatan juga telah melakukan rapid test terhadap para pelaku perjalanan dalam kurun waktu 14 hari terakhir, termasuk ASN, TNI/Polri dan Anak Buah Kapal (ABK). 

"Pemeriksaan tersebut berlokasi di Dermaga Tuapejat dan SDN 16 Tuapejat. Perluasan rapid test ini terus kita tingkatkan, pada 13 Mei 2020 tercatat 469 orang telah dilakukan rapid test dan 15 orang diantaranya dinyatakan reaktif," paparnya.

Ia menghimbau kepada masyarakat Mentawai agar tidak takut melakukan rapid test jika merasa telah sempat melakukan kontak dengan PDP positif virus corona atau habis melakukan perjalanan dari daerah terjangkit. 

"Sekarang untuk sementara waktu kita tidak usah mudik, kemudian kita harus menjaga jarak satu dengan lainnya, pakailah masker saat keluar rumah, yang paling penting lagi menjaga pola hidup bersih dan sehat seperti mencuci tangan pakai sabun," tutupnya.(*) 

Reporter : Redi /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]