Bahaya Tidur Berkepanjangan saat Puasa, Perlu Dihindari


Kamis, 14 Mei 2020 - 12:27:41 WIB
Bahaya Tidur Berkepanjangan saat Puasa, Perlu Dihindari Ilustrasi tidur. Foto: Unsplash/Kinga Cichewicz

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Saat puasa ramadan, seringkali diisi dengan banyak beristirahat karena tak perlu makan siang ataupun waktu nyemil. Ditambah imbauan pemerintah untuk beraktivitas di rumah saja, membuat sebagian orang memilih tidur lebih lama.

Tidur memang menjadi cara ampuh untuk bisa mengembalikan kesegaran sel-sel di tubuh. Namun, itu harus diiringi dengan pola tidur yang baik dan durasi yang tepat yakni 7-8 jam per hari. Lantas, apa bahayanya jika tidur berkepanjangan?

"Kalau tidurnya panjang, kualitas tidur tidak baik dan itu membuat (rasa) lelah. Apalagi di ruang ber-ac, membuat kulit kering," ujar Dokter Spesialis Kulit - Dermatologi Kosmetik dr. Lilik Norawati, Sp.KK, FINSDV, FAADV, dalam telekonferens Noroid, dikutip dari Viva.co.id, Kamis (14/5/2020).

Dokter Nora menegaskan bahwa kulit kering tidak bisa diabaikan. Kulit kering bisa membuat Anda lebih rentan terhadap bakteri atau infeksi. Hal ini terjadi karena kurangnya kelembapan, lalu kulit tangan akan mudah pecah-pecah.

"Kulit kita kering dan membuat gatal lalu iritasi. (Kondisi itu) menciptakan jalan masuk bagi mikro organisme seperti bakteri, virus, jamur yang selanjutnya dapat menimbulkan masalah baru pada kulit," tuturnya.

Untuk itu, ia menyarankan agar tak pernah absen mengoleskan pelembab dan membersihkan kulit sebelum tidur. Terlebih, pada malam hari, pemakaian pelembab disarankan agar lebih banyak dibanding pada siang hari. 

"Saat tidur sebaiknya ingat kulit senantiasa pakai pelembab. Saat malam justru pakai pelembab 2 kali lebih banyak untuk menjaga agar kulit tidak kering," kata dia. (*)

 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 18 Mei 2020 - 16:25:56 WIB

    Doyan Olahan Hati Sapi saat Lebaran? Bahaya Ini Mengintai

    Doyan Olahan Hati Sapi saat Lebaran? Bahaya Ini Mengintai HARIANHALUAN.COM -- Tinggal bersama orangtua atau lansia selama pandemi virus corona yang bersamaan dengan puasa Ramadhan tentu memerlukan perhatian dan perawatan yang khusus. Pasalnya, lansia adalah generasi yang rentan un.
  • Selasa, 28 April 2020 - 21:21:47 WIB

    7 Bahaya Tidur setelah Sahur bagi Kesehatan

    7 Bahaya Tidur setelah Sahur bagi Kesehatan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Selama Ramadan, sebagian besar orang mengalami siklus tidur yang terganggu karena harus bangun lebih awal untuk makan sahur. Namun tak jarang dari kita langsung memilih kembali melanjutkan tidur us.
  • Senin, 30 Maret 2020 - 08:45:02 WIB

    Jangan Semprot Disinfektan ke Badan, Bahaya!

    Jangan Semprot Disinfektan ke Badan, Bahaya! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Banyak orang yang berasumsi bahwa menyemprot tubuh dengan alkohol atau klorin dapat membunuh virus corona baru atau COVID-19. Itu karena bahan-bahan tadi banyak digunakan sebagai disinfektan..
  • Sabtu, 07 Maret 2020 - 07:06:48 WIB

    Bahaya..! Jangan Simpan Telur Dalam Kulkas

    Bahaya..! Jangan Simpan Telur Dalam Kulkas JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kebanyakan orang pasti menyimpan bahan makanan di dalam kulkas agar tahan lama. Begitupun dengan telur yang notabene orang akan menyimpannya dalam kulkas karena lebih aman dan bisa membuat telur t.
  • Senin, 02 Maret 2020 - 07:07:06 WIB

    Jangan Buru-buru..! Kenali Dulu 7 Bahaya Sebelum Pakai Behel

    Jangan Buru-buru..! Kenali Dulu 7 Bahaya Sebelum Pakai Behel JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kawat gigi atau behelmerupakan alat yang dipasang dokter gigi untuk merapikan susunan gigi dan terkadang posisi rahang. Hal ini bertujuan setelah beberapa waktu memakai behel maka gigi akan lebi.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]