Mudik Lokal Tak Dilarang, Asalkan Penuhi Kriteria Ini


Kamis, 14 Mei 2020 - 14:00:52 WIB
Mudik Lokal Tak Dilarang, Asalkan Penuhi Kriteria Ini Mudik lokal tidak dilarang asal penuhi pedoman PSBB (ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kepolisian tidak melarang mudik lokal atau silaturahmi antar keluarga di lingkungan Jabodetabek. Tetapi, satu hal yang tak boleh dikesampingkan, yakni pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Mudik di lingkungan PSBB misal Jabodetabek nggak ada aturannya, boleh-boleh saja," kata Kabagops Korlantas Polri Kombes Benyamin dikutip dari detik.com, Kamis (14/5/2020).

Beberapa waktu yang lalu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo memastikan sejauh ini tidak ada larangan bagi masyarakat yang hendak melakukan silaturahmi kepada keluarga yang ada di wilayah Jabodetabek.

Ia berujar selama masyarakat di luar harus tetap memperhatikan peraturan PSBB selama di perjalanan.

"Selama dia (warga) memenuhi ketentuan dalam batas transportasi tentu kita tidak bisa melarang," tutur Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat memberikan paparan dalam diskusi minggu lalu.

"Dia pakai masker, kemudian dia duduk sudah physical distancing, kapasitasnya 50 persen dari jumlah penumpang, kan kita juga tidak bisa apa-apa, tidak ada pelanggaran yang dilanggar oleh dia," sambungnya.

Apalagi aturan PSBB itu, lanjutnya, bukan melarang orang untuk mobilitas. "Belum lagi kita bicara scope wilayah Jabodetabek orang boleh berpergian, PSBB-nya kan begitu, konsep awalnya." ungkap Sambodo. (*)

 Sumber : Detik.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 30 Mei 2020 - 18:34:48 WIB

    Larangan Mudik-Arus Balik Diperpanjang hingga 7 Juni 2020

    Larangan Mudik-Arus Balik Diperpanjang hingga 7 Juni 2020 HARIANHALUAN.COM - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperpanjang masa berlaku pengendalian transportasi selama masa mudik Idul Fitri 1441 H. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 25 Tahun 2020 diperpanjang hingga 7 Juni 2.
  • Ahad, 24 Mei 2020 - 19:33:35 WIB

    Masyarakat yang Mudik Diminta Tak Kembali ke Jakarta

    Masyarakat yang Mudik Diminta Tak Kembali ke Jakarta HARIANHALUAN.COM - Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto mengimbau kepada masyarakat yang ada di daerah agar tidak kembali ke Jakarta untuk mencari nafkah. Terutama saat pandemi Covid-19, masih menyelimuti Ib.
  • Ahad, 24 Mei 2020 - 13:30:59 WIB

    Bawa Pemudik ke Jember, Ambulans Diminta Putar Balik di Bali

    Bawa Pemudik ke Jember, Ambulans Diminta Putar Balik di Bali HARIANHALUAN.COM -- Mobil ambulans milik Komunitas Info Warga Jember Ambulance Koordinator Wilayah Bali yang diduga membawa pemudik diminta putar balik di Pos Sekat Selabih, Tabanan, Bali. Kasatlantas Polres Tabanan, Iptu Ni .
  • Sabtu, 23 Mei 2020 - 20:26:30 WIB

    Tak Mudik ke Solo, Jokowi Rayakan Idul Fitri di Istana Tanpa Open House

    Tak Mudik ke Solo, Jokowi Rayakan Idul Fitri di Istana Tanpa Open House HARIANHALUAN.COM -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperingati hari raya Idul Fitri di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Jokowi memastikan tidak mudik ke Solo, Jawa Tengah..
  • Jumat, 22 Mei 2020 - 14:59:08 WIB

    Meski Tak Mudik, Pertamina Pastikan Pasokan BBM Aman Jelang Lebaran

    Meski Tak Mudik, Pertamina Pastikan Pasokan BBM Aman Jelang Lebaran HARIANHALUAN.COM - Pertamina melakukan pemantauan distribusi BBM di sepanjang jalur mudik Jakarta hingga Surabaya. Pertamina sebagai BUMN yang diamanatkan mengelola energi nasional tetap memastikan pasokan dan distribusi BBM.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]