Dewan Pers Adakan Konpers Virtual untuk Jaga Hak Masyarakat dari Informasi Kredibel


Kamis, 14 Mei 2020 - 14:09:16 WIB
Dewan Pers Adakan Konpers Virtual untuk Jaga Hak Masyarakat dari Informasi Kredibel Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini memberikan dampak yang sangat luar biasa terhadap berbagai sektor kehidupan. Selain masalah kesehatan terdapat beberapa masalah serius yang harus dihadapi masyarakat. Khususnya di dunia usaha, UMKM, dan juga duna media.

Menanggapi hal tersebut, Dewan Pers bersama dengan Asosiasi Perusahaan Pers dan Pekerja Pers Indonesia melakukan konferensi pers secara virtual yang dilaksanakan dengan tujuan untuk menjaga hak masyarakat terhadap informasi yang kredibel supaya dapat melalui masa pandemi saat sekarang ini.

Konferensi pers virtual tersebut dilakukan pada hari Kamis (14/5) dimulai pukul 13.00 WIB hingga 14.30 WIB dengan menggunakan aplikasi Zoom. Konferensi tersebut dibuka oleh Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri, Agus Sudibyo yang diikuti berbagai rekan media di seluruh Indonesia.

"Disaat pandemi banyak masalah selain kesehatan. Seperti masalah bisnis dan eknomi. Media termasuk terdampak hal ini merupakan masalah serius di masyarakat sebab tidak ada informasi yang kredibel di masyarakat.

Kami sebagai media selain memperjuangkan pers kami juga berharap pemerintah jga memperjuangkan UMKM dan dunia usaha lainnya," kata salah seorang peserta diskusi, Kamis (14/5).

Selain itu, pers yang sehat dan tidak tumbang sangat diperlukan untuk menyebarkan berita pada saat pandemi saat ini. Media harus tetap independen walaupun terjadi berbagai halangan dan rintangan yang dihadapi di tengah wabah Covid-19 ini. Pers juga diharapkan dapat menjaga kredibel dan tetap independen walaupun terdapat insentif yang diberikan pemerintah dalam memberitakan sesuatu.

"Bukan berarti dengan diberi insentif kita tidak jadi kredibel tapi saat diberi kita harusnya lebih kredibel lagi memberikan dan akurat," lanjut peserta yang lainnya.

Walaupun, saat sekarang ini media dituntut harus mengeluarkan produk berita yang berkualitas dan menekan hoaxs agar tidak berkembang di masyarakat. Media dan sektor dunia yang lain sangat penting, namun dunia pers juga merupakan sektor yang harus diperjuangkan guna tetap dapat menyebarkan informasi yang benar pada masyarakat.

"Media konvensional beberapa tahun terakhir mengalami distruksi oleh datangnya era digital dengan segala keunggulannya. Kemudian datang lagi covid-19. Jika media tidak dijaga maka fungsinya akan hilang dan dibajak oleh media sosial nantinya jadi tirani sebab tidak ada yang mengaturnya," tambahan dari peserta diskusi.

Banyak rekan media yang berharap agar dapat dibantu oleh pemerintah ditambah dengan pandemi Covid-19 yang terjadi saat sekarang ini. Sebab jika fungsi media berubah akan memberikan dampak pada masyarakat, sebab masyarakat tidak lagi mendapatkan informasi yang aktual dna kredibel. (*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]