Geger! Astronom Temukan Planet Keppler-88, Ukurannya Tiga Kali Lebih Besar dari Jupiter


Kamis, 14 Mei 2020 - 14:27:00 WIB
Geger! Astronom Temukan Planet Keppler-88, Ukurannya Tiga Kali Lebih Besar dari Jupiter Planet Keppler-88 d yang memilki ukuran tiga kali lebih besar dari Jupiter. (Foto: WM Keck Observatory/Adam Makarenko)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Penemuan sebuah exoplanet berukuran tiga kali dari ukuran Planet Jupiter cukup menggegerkan. Sejumlah astronom yang dipimpin The University of Hawaii Institute for Astronomy (UH IfA) adalah yang menemukannya setelah mempelajari data enam tahun lamanya.

Panggil dia dengan sebutan 'Kepler-88 d'. Ukurannya luar biasa besar mengingat ukuran Jupiter sendiri 300 kali lebih besar dari Bumi, widih!

Data dikumpulkan di WM Keck Observatory yang berlokasi di Maunakea, Hawaii.

Para astronom menggunakan teleskop Keck I 10 meter yang dilengkapi dengan instrumen High-Resolution Echelle Spectrometer (HIRES). Penamaan Kepler-88 sendiri telah dilakukan secara alfabet sesuai dengan urutan penemuan mereka seperti Kepler-88 c dan Kepler-88 d.

Exoplanet besar Kepler-88 d terletak lebih dari 1.250 tahun cahaya dari Bumi. Satu tahun cahaya digunakan untuk mengukur jarak di ruang angkasa. Satu tahun cahaya sama dengan sekitar 6 triliun mil.

Sementara Kepler 88-b lebih kecil dari Neptunus, Kepler 88-c memiliki ukuran yang sebanding dengan Jupiter. 'Kepler 88-b' dan 'Kepler 88-c' mengorbit bintang dalam masing-masing 11 dan 22 hari, demikian dikutip dari detik.com, Kamis (14/5/2020).

Penemuan Kepler 88-d diharapkan bisa meningkatkan pemahaman astronom tentang sistem bintang. Planet yang berukuran besar biasanya cenderung mempengaruhi tata surya masing-masing. (*)

 Sumber : Detik.com /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]