Cegah Penyebaran Corona, TWA Rimbo Panti Ditutup, Keramaian Dilarang


Kamis, 14 Mei 2020 - 14:30:18 WIB
Cegah Penyebaran Corona, TWA Rimbo Panti Ditutup, Keramaian Dilarang Penampakan kera di TWA Rimbo Panti, Kabupaten Pasaman. Kawasan objek wisata alam ini selalu ramai dikunjungi warga setiap lebaran tiba.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Cegah penyebaran virus Corona (Covid-19), Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat tutup sementara Taman Wisata Alam (TWA) Rimbo Panti, Kabupaten Pasaman.

Lewat spanduk yang terpasang di kawasan itu, pihak BKSDA juga mengumumkan tidak membenarkan adanya keramaian, khususnya dalam perayaan libur lebaran 24-25 Mei mendatang.

Upaya itu sebagai langkah antisipasi pihak BKSDA mencegah penyebarluasan Covid-19. Biasanya, tiap tahun ribuan orang warga mengunjungi objek wisata TWA Rimbo Panti itu setiap lebaran tiba.

Kepala BKSDA Sumatera Barat, Erly Sukrimanto mengatakan, penutupan sementara TWA Rimbo Panti dari keramaian sebagai imbas dari pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sumatera Barat.

"Itu perintah dari ketentuan PSBB Provinsi Sumbar dan Kementerian LHK. Jadi, berlaku diseluruh Indonesia, bukan hanya di Rimbo Panti," katanya saat dihubungi, Kamis (14/5).

Ia berharap, masyarakat setempat, khususnya pedagang yang menggantungkan hidupnya dengan cara berjualan di kawasan objek wisata itu faham akan kebijakan tersebut.

"Harapan kita, mereka faham yah. Ini upaya kita untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas," ujarnya.

Terpisah, Camat Panti, Azwar mengaku belum berkoordinasi dengan pihak BKSDA Sumatera Barat terkait penutupan dan pelarangan keramaian di kawasan taman wisata alam (TWA) Rimbo Panti pada lebaran Idul Fitri nanti. Meski dalam pengumumannya berbunyi, sebagai langkah antisipasi dan pencegahan penyeberan Covid-19.

"Sejauh ini belum. Tapi, apa yang sudah dilakukan oleh pihak BKSDA Sumbar sebagai pengelola TWA dan Cagar Alam Rimbo Panti, melarang adanya kemaraian disana (TWA Rimbo Panti) dan menutup sementara waktu, sangat kita dukung," katanya.

Azwar mengetahui adanya penutupan dan larangan keramaian disalah satu objek wisata kebanggaan di Kabupaten Pasaman itu lewat spanduk yang terpasang di kawasan tersebut.

"Iya, saya tahu lewat spanduk pengumuman yang terpasang disana. Isinya, untuk sementara TWA Rimbo Panti ditutup sementara dan tidak dibenarkan adanya keramaian," ujarnya. (*)

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]