Cara Kembalikan Akun WhatsApp yang Dibajak, Mudah kok


Kamis, 14 Mei 2020 - 16:09:14 WIB
Cara Kembalikan Akun WhatsApp yang Dibajak, Mudah kok Foto: REUTERS/Dado Ruvic

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- WhatsApp merupakan aplikasi chatting sejuta umat. Itu membuat banyak aktor jahat atau hacker yang berusaha mengambilalih akun WhatsApp. Lalu adakah cara kembalikan akun WhatsApp yang dibajak?

Menurut Pakar Keamanan dari Vaksincom Alfons Tanujaya, bila nomor ponsel dari akun WhatsApp yang dibajak masih di tangan korban dan masih aktif, cara merebutnya cukup mudah.

Langkah pertama adalah mengunistall akun WhatsApp di ponsel. Kemudian install ulang WhatsApp dan masukkan kembali nomor ponsel.

"Lalu akan muncul verifikasi lewat SMS ke nomor ponsel. Masukkan nomor verifkasi tersebut, maka akun WhatsApp akan kembali lagi," ujar Alfons Tanuwijaya, seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Kamis (14/5/2020).

Bagimana dengan akun WhatsApp yang dibajak oleh aktor jahat dan hacker? Akun tersebut secara otomatis akan logout. Ini karena WhatsApp hanya mengizinkan satu akun WhatsApp pada satu ponsel saja.

Cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan menonaktifkan akun WhatsApp yang dibajak. Untuk ini kamu harus mengirimkan email ke [email protected] dengan menuliskan "Hilang/Dicuri: Silakan nonaktifkan akun saya".

Setelah penonaktifan ini kamu punya waktu 30 hari untuk mengaktifkan kembali akun yang telah dihapus.

Tanda Awal Dibajak

Sebenarnya ada ciri yang sangat jelas bahwa seseorang ingin membajak akun WhatsApp. Biasanya WhatsApp akan mengirimkan notifikasi yang isinya nomor telepon tidak terdaftar di WhatsApp.

Isi pesannya: Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon ini. Mungkin karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon yang lain. Jika Anda tidak melakukan ini, verifikasi nomor telepon Anda untuk kembali ke akun Anda.

Pada bagian bawah akan tersedia dua opsi 'verifikasi' atau 'Oke'. Jika mengetuk 'Oke' maka akun WhatsApp akan beralih ke hacker atau aktor jahat yang membajak akun.

Jika memilih 'verifikasi' maka WhatsApp akan mengirimkan nomor PIN 6 digit ke ponsel, masukkan nomor tersebut dan kamu kembali bisa menggunakan akun tersebut. (*)

 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 27 Mei 2020 - 21:58:48 WIB

    Ini Dia Cara Cepat Dapat Uang dari TikTok

    Ini Dia Cara Cepat Dapat Uang dari TikTok HARIANHALUAN.COM - TikTok menjadi salah satu platform berbagi video, yang sedang digemari di Indonesia. Aplikasi ini banyak disukai, karena isi konten cenderung unik dan menghibur..
  • Senin, 25 Mei 2020 - 09:11:08 WIB

    Kini Video Call di Instagram Bisa 50 Orang Sekaligus, Begini Caranya

    Kini Video Call di Instagram Bisa 50 Orang Sekaligus, Begini Caranya HARIANHALUAN.COM -- Instagram kini sudah bisa video call 50 orang. Ini karena aplikasi berbagi foto milik Facebook ini sudah terintegrasi dengan Messenger Rooms. Bagi yang ingin tahu ini caranya video call via Instagram denga.
  • Ahad, 24 Mei 2020 - 18:05:30 WIB

    Wah! WhatsApp Punya Fitur Baru Lagi, Ini Cara Menggunakannya

    Wah! WhatsApp Punya Fitur Baru Lagi, Ini Cara Menggunakannya TEKNO, HARIANHALUAN.COM -- Layanan pesan instan WhatsApp menambahkan fitur pembagian kontak lewat kode QR. Pengguna bisa bertukar kontak WhatsApp dengan seseorang secara langsung dengan membagikan kode QR. WhatsApp sudah meng.
  • Sabtu, 23 Mei 2020 - 21:06:33 WIB

    Ajak Mudik Secara Virtual, XL Axiata Berikan Paket Data untuk Mitra Penjual Pulsa

    Ajak Mudik Secara Virtual, XL Axiata Berikan Paket Data untuk Mitra Penjual Pulsa HARIANHALUAN.COM -- Merebaknya pandemi Covid-19 di Indonesia tidak menghentikan XL Axiata untuk tetap memfasilitasi kebutuhan silaturahmi para mitra penjual pulsa yang berada di wilayah Jabodetabek dengan keluarga mereka di k.
  • Sabtu, 23 Mei 2020 - 14:36:09 WIB

    Begini Cara Video Call Instagram Sampai 50 Orang

    Begini Cara Video Call Instagram Sampai 50 Orang HARIANHALUAN.COM - Instagram saat ini bisa melakukan panggilan video bersama 50 orang sekaligus. Panggilan video ini terintegrasi dengan platform panggilan video milik Facebook, yaitu Messenger Rooms..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]