Heboh! Surat Sehat Palsu untuk Mudik Lebaran, Dijual Rp70 Ribu per Lembar


Kamis, 14 Mei 2020 - 16:54:37 WIB
Heboh! Surat Sehat Palsu untuk Mudik Lebaran, Dijual Rp70 Ribu per Lembar Foto: WHO

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Netizen di tanah air sedang heboh soal tangkapan layar yang menjual surat sehat bebas covid-19 di salah satu toko online atau marketplace.

Dalam tangkapan layar yang dilihat oleh CNBC Indonesia dijual selembar surat keterangan dari rumah sakit swasta yang menyatakan bebas covid-19. Surat tersebut dijual dengan harga Rp 70.000 per lembar.

Dikutip dari CNBC Indonesia, Kamis (14/5/2020), tidak ada mitra e-commerce menawarkan jasa tersebut. Pengecekan dilakukan di situs Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, Blibli dan JD.id.

CNBC Indonesia kemudian mengecek situs blogspot yang dicantumkan dalam foto tersebut. Terungkap situs blogspot tersebut memang menjajahkan jasa pembuatan surat keterangan dokter palsu.

Atas kasus ini, Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo langsung menurunkan tim penegakan hukum (gakkum) dengan adanya kemunculan jual-beli surat sehat bebas Corona.

Doni mengatakan gugus tugas akan mengusut soal jual-beli surat itu. "Saya sedang minta tim gakkum untuk usut," kata Doni, seperti dilansir dari detikcom.

Menurut Doni, surat sehat bebas Corona tak diperjualbelikan. Bila ditemukan pelanggaran, dia mengatakan akan memproses hukum.

"Betul (tidak diperjualbelikan)," ujar Doni. "Bila melanggar, tentu akan ada hukuman," tegasnya. (*)

 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]