Deretan Kendaraan Milik Dirut BPJS Kesehatan yang Bela Jokowi, Harganya Bikin Melongo


Kamis, 14 Mei 2020 - 17:26:02 WIB
Deretan Kendaraan Milik Dirut BPJS Kesehatan yang Bela Jokowi, Harganya Bikin Melongo Ist

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pengumuman yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo kembali membuat rakyat hanya bisa mengelus dada, pasalnya Presiden Jokowi kembali melakukan kenaikan iuran BPJS Kesehatan secara bertahap. 

Hal tersebut tentu menuai banyak protes dari kalangan masyarakat, apalagi Mahkamah Agung (MA) sebelumnya telah membatalkan kebijakan kenaikan iuran sebelumnya pada Maret 2020. Sehingga keputusan yang diumumkan oleh Jokowi, dianggap tiak menghormati putusan MA

Menanggapi hal itu, direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Fachmi Idris membantah, kehadiran Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 merupakan bentuk tindakan pemerintahan Presiden Joko Widodo yang tidak menghormati putusan Mahkamah Agung (MA). 

Putusan MA tersebut bernomor 7/P/HUM/2020 yang membatalkan kebijakan pemerintah untuk menaikkan tarif iuran BPJS Kesehatan mulai 2020. Aturan itu dikukuhkan dalam Perpres Nomor 75 Tahun 2019 di mana kenaikam tarif hampir dua kali lipat dari yang ditetapkan dalam Perpres Nomor 82 Tahun 2018.

Fachmi menegaskan bahwa, isu yang terus beredar di berbagai media itu tidak tepat karena pokok isi putusan MA tersebut memberikan tiga pilihan terhadap pemerintah, yakni mencabut aturuan itu, mengubah atau melaksanakan. Dengan begitu Jokowi ditegaskannya masih dalam koridor.

"Artinya Pak Jokowi masih dalam koridor, konteksnya mengubah yakni masih sangat menghormati. Jadi saya ingin clearkan dulu tidak betul kalau pemerintah tidak menghormati," kata Fachmi saat telekonferensi, dikutip dari 100kpj, Kamis, 14 Mei 2020. 

Komentarnya yang cenderung mendukung ke Jokowi, membuat dirut BPJS ini jadi sorotan. tak terkecuali tentang deretan kendaraan yang parkir di garasi rumahnya. Menurut data dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2019, menerangkan bahwa nilai total kekayaan yang dimiliki oleh Fachmi Idris Rp13 miliar.

Dari total kekayaannya, senilai Rp686.500.000 merupakan harta berjalan seperti Honda City tahun 2005 yang harga kisarannya Rp80 juta, Toyota Rush tahun 2017 harganya sekitar Rp250 juta dan Toyota Voxy tahun 2018 yang perkiraan harganya Rp380 juta.

Selain kendaraan roda empat, Dirut BPJS ini pun punya kendaraan roda dua seperti Piaggio tahun 1968 yang harganya sekitar Rp10 juta, besar kemungkinan motor tersebut adalah kalau tidak Vespa Sprint ya Vespa Super.

Pasalnya ditahun 1968, Vespa Super bentuk Faceliftnya cukup kentara. Batok dan lampunya berubah jadi trapesium. Lantas mika lampu belakang juga ikut berubah, menjadi kotak saja. Tidak lagi berlekuk ekstrem seperti pendahulunya. Plus lambang “P Coret” sudah tidak ada. Logo Piaggio berganti jadi seperti kartu sekop.

Tapi perlu diketahui bahwa walaupun rupanya memang hampir sama, tapi ada perbedaan mendetail antara Sprint dengan Super. Tepong kanan Super memiliki lima garis ventilasi, sementara Sprint enam buah. Spatbor depan dan belakang juga lebih kecil. Tak lain, karena Super masih menggunakan ban 8 inci mengikuti leluhur, di saat Sprint sudah pakai ban 10 inci.

Dua motor lainnya adalah, Honda BeAT tahun 2010 yang harganya sekitar Rp5,5 juta dan Honda Vario tahun 2015 yang kalau dijual maka harga jualnya sekitar Rp11 juta. (*)

 Sumber : 100kpj.com /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 16 April 2020 - 15:50:42 WIB

    Ini Deretan Negara yang Sukses Tangkis Serangan Corona

    Ini Deretan Negara yang Sukses Tangkis Serangan Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Virus corona menjangkiti lebih dari 2 juta orang di lebih dari 200 negara di dunia. Sejumlah negara bahkan terpapar parah dengan angka kematian tinggi, juga sektor ekonomi yang terpukul..
  • Rabu, 08 April 2020 - 17:38:24 WIB

    Deretan Bantuan Pemerintah saat Corona, dari PKH Hingga Stimulus KUR

    Deretan Bantuan Pemerintah saat Corona, dari PKH Hingga Stimulus KUR JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Keuangan mengumumkan ada banyak bantuan perlindungan sosial yang diberikan pemerintah kepada masyarakat. Bantuan tersebut diharapkan bisa menjaga perekonomian masyarakat yang terdampak.
  • Rabu, 08 April 2020 - 15:59:18 WIB

    Ini Deretan Wanita Terkaya di Dunia, Berharta Ratusan Triliun

    Ini Deretan Wanita Terkaya di Dunia, Berharta Ratusan Triliun JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Forbes menerbitkan daftar orang kaya dunia 2020. Meski pada 10 peringkat pertama masih didominasi oleh pebisnis pria, namun para pengusaha perempuan mengambil peran dalam daftar bergengsi ter.
  • Senin, 23 Maret 2020 - 09:58:01 WIB

    Selain Andrea Dian, Ini Deretan Selebriti yang Positif Virus Corona

    Selain Andrea Dian, Ini Deretan Selebriti yang Positif Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Aktris Indonesia Andrea Dian mengabarkan bahwa dia positif terinfeksi virus corona baru (Covid-19). Kabar tersebut dibagikan di media sosial Instagramnya, terkait gejala hingga kondisinya saat ini .
  • Jumat, 14 Februari 2020 - 08:32:33 WIB

    Ini Deretan Calon Dirut Baru TVRI, Mulai dari Gusti Randa hingga Suryopratomo

    Ini Deretan Calon Dirut Baru TVRI, Mulai dari Gusti Randa hingga Suryopratomo JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pascakisruh Helmy Yahya dengan Dewan Pengawas (Dewas) TVRI, posisi direktur utama (dirut) TVRI ramai diperebutkan. Sejak pendaftarannya dibuka per 3 Februari 2020 sampai ditutup pada 12 Februari 2.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]