Besok, Taspen Bukittinggi Cairkan THR Pensiunan PNS Rp79 Miliar


Kamis, 14 Mei 2020 - 17:31:21 WIB
Besok, Taspen Bukittinggi Cairkan THR Pensiunan PNS Rp79 Miliar Besok Jumat 15 Mei 2020, PT Taspen Kantor Cabang Bukittinggi akan bayarkan THR kepada penerima pensiun dan penerima tunjangan. Foto: Gatot

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM -- Besok Jumat 15 Mei 2020, PT Taspen (Persero) secara serentak akan melakukan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) tahun anggaran 2020, kepada penerima pensiun dan penerima tunjangan.

Pembayaran THR oleh PT Taspen ini, tentunya menjadi kabar gembira bagi para pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS), khususnya pensiunan PNS di wilayah kerja PT Taspen Kantor Cabang Bukittinggi.

“Insyaallah besok, PT Taspen akan melakukan pembayaran THR bagi para penerima pensiun. Untuk pensiunan PNS, pembayaran THR dilakukan oleh PT Taspen. Sedangkan untuk para pensiunan TNI dan Polri, pembayaran THR dilakukan oleh PT Asabri (Persero),” kata Kepala Cabang PT Taspen Kota Bukittinggi, Hari Kusuma Yuda Perwira, diruang kerjanya, Kamis, 14 Mei 2020.

Yuda mengatakan, khusus untuk PT Taspen Kantor Cabang Bukittinggi, total THR yang dibayarkan adalah sebesar Rp 79.791.492.900, untuk 30.070 penerima pensiun dan penerima tunjangan di wilayah kerja PT Taspen Bukittinggi. Pembayaran THR dilakukan lewat rekening melalui Bank Mitra Bayar PT Taspen.

THR tersebut terang Yuda, diberikan sebesar penghasilan bulan Maret 2020, dan tidak dikenakan potongan iuran atau potongan lain, kecuali potongan pajak penghasilan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, dan ditanggung pemerintah. Komponen penghasilan THR 2020 bagi penerima pensiun dan penerima tunjangan meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan atau tunjangan tambahan penghasilan.

Bagi penerima pensiun dan penerima tunjangan yang menerima lebih dari satu penghasilan, maka THR hanya diberikan salah satu yang jumlahnya lebih besar. Pembayaran THR 2020 diberikan kepada penerima pensiun, penerima tunjangan dan Eks PNS Departemen Perhubungan pada PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Bagi PNS dan Pejabat Negara yang pensiun terhitung tanggal 1 April 2020 dan seterusnya, maka pembayaran THR dilakukan oleh instasi tempat bekerja. THR tidak diberikan kepada Pejabat Negara yang masih aktif, bilamana Pejabat Negara dimaksud juga sebagai penerima pensiun (pensiun sendiri/pensiun janda-duda) maka berhak menerima THR pada pensiunnya.

“Kita berharap para pensiunan untuk berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan karyawan Taspen. Kepada Bank mitra bayar, juga diminta untuk tetap memperhatikan protocol kesehatan Covid-19 dalam memberikan pelayanan,” ujar Yuda.

Ia menambahkan, pembayaran THR berdasarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 24 tahun 2020 tanggal 9 Mei 2020, serta Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 49/PMK.05/2020, tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit TNI, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pegawai Non Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. (*)

Reporter : Gatot /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]