Waduh! Pengusahapun Ikut Serbu Pegadaian


Kamis, 14 Mei 2020 - 21:39:22 WIB
Waduh! Pengusahapun Ikut Serbu Pegadaian Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Tidak hanya kelas rumah tangga, ternyata pengusahapun ikut beramai-ramai ke pegadaian. Kali ini barang yang paling banyak digadai adalah mobil. 

Jumlah mobil yang digadaikan di PT Pegadaian (Persero) terus mengalami kenaikan saat pandemi Corona. Sebagian besar dana hasil gadai digunakan untuk konsumsi hingga membayar gaji karyawan.

Sekretaris Perusahaan Pegadaian Swasono Amoeng Widodo mengatakan jumlah unit serta dana yang disalurkan atau outstanding loan (OSL) mengalami kenaikan.

Secara persentase, unit yang digadaikan pada bulan Februari 2020 mengalami kenaikkan 6,8% dibanding Januari. Lalu, pada Maret naik 6,9% dibanding Februari. Di bulan April, kenaikkannya mencapai 13,6%. OSL pada April juga naik 13,3% dibanding bulan sebelumnya.

"Pada Maret-April diumumkan pandemi mobil itu 2 kalililipat dari 6,5% itu 13%," katanya dalam teleconference, Kamis (14/5/2020).

Berdasarkan survei yang Pegadaian lakukan, sebanyak 40% menggunakan dananya untuk konsumsi dan 40% lagi untuk membayar gaji.

"Apalagi THR ini, pengusaha kasian sama pegawainya kalau ada aset digadaikan. Jual kalau sekarang susah," ujarnya.

Dia menambahkan, gadai mobil sendiri untuk pinjaman di atas Rp 20 juta. "Mobil itu pinjamannya di atas Rp 20 juta," terangnya. (*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 28 Mei 2020 - 22:32:01 WIB

    Waduh! Pupuk Impor Asal China Serbu Pasar Indonesia

    Waduh! Pupuk Impor Asal China Serbu Pasar Indonesia HARIANHALUAN.COM - Indonesia hingga kini masih harus bergantung pada kebutuhan pupuk impor. Padahal, dari dalam negeri ada perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bisa memproduksi yaitui holding PT. Pupuk Indonesia. B.
  • Kamis, 28 Mei 2020 - 16:06:16 WIB

    Waduh! Ada Rasa Cemburu Buat UMKM di Balik Penerapan New Normal

    Waduh! Ada Rasa Cemburu Buat UMKM di Balik Penerapan New Normal HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Muhammad Ikhsan Ingratubun menilai rencana penerapan era new normal di sebagian wilayah tertentu saja berisiko menimbulkan kecemburuan antarpelaku usaha. Untuk .
  • Selasa, 26 Mei 2020 - 15:29:13 WIB

    Waduh! Rupiah Melemah ke Rp 14.730/US$

    Waduh! Rupiah Melemah ke Rp 14.730/US$ HARIANHALUAN.COM - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah di perdagangan pasar spot hari ini, kembali ke atas level Rp 14.700/US$..
  • Kamis, 21 Mei 2020 - 19:46:46 WIB

    Waduh! KFC Tutup Ratusan Gerai, Ribuan Karyawan Dirumahkan

    Waduh! KFC Tutup Ratusan Gerai, Ribuan Karyawan Dirumahkan HARIANHALUAN.COM -- Pandemi Covid-19 membuat 115 gerai KFC tutup sementara. Berkaitan dengan itu, PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST) selaku pemegang merek makanan cepat saji itu merumahkan 4.988 karyawannya..
  • Jumat, 15 Mei 2020 - 16:05:24 WIB

    Waduh! RI Banyak Impor Sayuran dari China

    Waduh! RI Banyak Impor Sayuran dari China HarianHaluan.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan Indonesia banyak mengimpor komoditi salah satunya sayuran dari China. Total nilai impor Indonesia US$ 12,54 miliar sepanjang April 2020..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]