Trafik Penggunaan Internet Meningkat, Arif Prabowo: Kita Kerja Ekstra Penuhi Kebutuhan Pelanggan


Kamis, 14 Mei 2020 - 22:07:38 WIB
Trafik Penggunaan Internet Meningkat, Arif Prabowo: Kita Kerja Ekstra Penuhi Kebutuhan Pelanggan Vice President Corporate Communication PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), Arif Prabowo

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Penerapan WFH selama masa pandemi Covid-19 membuat trafik penggunaan internet meningkat dari biasanya. Selama periode 15 Maret hingga 1 April 2020 lalu saja, terjadi peningkatan trafik penggunaan internet sebesar 15,6% dari PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom.

Kenaikan trafik penggunaan internet itu dipengaruhi oleh mewabahnya virus corona di dalam negeri yang semakin masif. Hal itu memicu anjuran untuk melakukan aktivitas di dalam rumah, baik bekerja, belajar, dan beribadah. 

Hal ini menyebabkan pihak PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom ekstra kerja keras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan akses internet. “Peningkatan trafik penggunaan data harus dibarengi dengan peningkatan pelayanan untuk pelanggan juga. Untuk itu, hingga saat ini kita terus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan akses internet ini,” sebut Vice President Corporate Communication PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), Arif Prabowo beberapa waktu lalu.

Dikatakan Arif, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sendiri tak mau mengecewakan pelanggan setianya. Terlebih dimasa pandemi Covid-19 ini, dimana masyarakat diharuskan untuk melakukan segala sesuatunya di rumah, termasuk dalam bekerja.

Arif Prabowo menambahkan, peningkatan trafik juga terjadi pada aplikasi-aplikasi yang mendukung belajar jarak jauh (distance learning) seperti Ruang Guru dan Ilmupedia. Trafik juga meningkat pada layanan rapat secara virtual (meeting online) seperti Zoom, Webex, Skype, maupun Telkomsel CloudX. Karena ada peningkatan trafik penggunaan internet, Telkom telah menambah bandwidth internet sebesar 1,75 Tbps menjadi 10 Tbps. Arif Prabowo mengatakan, pihaknya akan menambahkan bandwidth internet hingga akhir tahun menjadi 16,32 Tbps. Selain itu, Telkom juga mempersiapkan infrastruktur jaringan tulang punggung antar-kota (backbone). Perusahaan milik pemerintah ini telah menambah kapasitas backbone sebesar 3 Tbps menjadi 26,2 Tbps. 

Dengan peningkatan pada infrastruktur jaringan Telkom di masa pandemi corona ini, harap Arif Prabowo, yang pernah memperoleh penghargan sebagai juru bicara terbaik dalam ajang Spokesperson of The Year Award 2019 lalu ini lagi, bisa mendukung kualitas layanan agar menjadi lebih baik. Terutama, untuk mendukung kegiatan kerja dan belajar dari tempat tinggal masing-masing. 

Selain itu, Telkom juga melakukan dukungan infrastruktur dan layanan internet di beberapa lokasi khusus yang menangani Covid-19. Ada 17 lokasi yang mendapatkan infrastruktur internet berkapasitas 56,83 Gbps seperti Wisma Atlet, Posko BUMN, dan BNPB. 

Jejak Karir Arif Prabowo

Sebagaimana diketahui, tahun ini adalah tahun ke-20 Arif Prabowo berkarir di PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk. Alumni Institut Teknologi 10 November Surabaya ini memulai karirnya di PT Telkom pada tahun yang sama dia meraih Master Electrical Engineering dari Virginia Polytechnic Institute. Karir Arif di perusahaan telekomunikasi milik pemerintah ini sebagian besar dijalani di divisi marketing dan consumer service, dimulai sebagai manager promosi dan marketing.

Baru pada tujuh tahun terakhir laki-laki kelahiran Denpasar ini menjaga gawang komunikasi perusahaan sebagai Vice President Corporate Communications.

Dalam perjalanannya menjaga reputasi perusahaan, Arif pernah mendapat sejumlah penghargaan, antara lain sebagai Tokoh PR Inspirasional dari “The 4th Indonesia Public Relations Awards & Summit” (IPRAS) yang diselenggarakan Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat di Jakarta. Rekognisi terbaru diperolehnya sebagai Juru Bicara terbaik dalam ajang Spokeperson of the Year 2019. (*)

Reporter : Djamalis /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 12:06:39 WIB

    Trafik Data XL Axiata Naik 25% Selama Lebaran

    Trafik Data XL Axiata Naik 25% Selama Lebaran HARIANHALUAN.COM -- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat kenaikan trafik penggunaan layanan di masa seputar perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Dalam periode 18-26 Mei 2020, Customer Experience & Service Operation Center X.
  • Kamis, 28 Mei 2020 - 13:38:58 WIB

    Momen Lebaran, Trafik Layanan Data Tumbuh hingga 22,8 Persen

    Momen Lebaran, Trafik Layanan Data Tumbuh hingga 22,8 Persen HARIANHALUAN.COM - Momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) yang baru saja berlalu dimaknai oleh Telkomsel dengan secara konsisten tetap berupaya menghadirkan kenyamanan mengakses layanan terdepan terutama  broadband berkualitas .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]