Fantastis! Oreo Supreme Dibanderol hingga Rp269 Juta Sebungkus, Apa Istimewanya?


Jumat, 15 Mei 2020 - 07:45:20 WIB
Fantastis! Oreo Supreme Dibanderol hingga Rp269 Juta Sebungkus, Apa Istimewanya? Oreo Supreme

LIFESTYLE, HARIANHALUAN.COM -- Supreme Oreo kini tengah menjadi sorotan di media sosial, khususnya Youtube. Banyak Youtuber mereview Oreo warna merah dengan harga fantastis ini. Termasuk, Youtuber Indonesia Rachel Vennya dan Rachel Goodard. Satu bungkus Supreme Oreo dihargai di e-Bay dengan harga 18.000 dollar AS atau setara Rp269 juta.

Bahkan, ada juga laporan yang menyatakan tentang pembeli yang rela mengeluarkan uang sebesar 1.250 dollar AS atau setara Rp18,6 juta untuk 12 biskuit Supreme Oreo. Ada juga pembeli yang membayar 50 dollar AS atau setara Rp750 ribu untuk satu pak Supreme Oreo berisikan tiga biskuit. 

Forbes mengklaim bahwa satu paket bisa ditawar hingga 96.100 dollar AS atau setara Rp1,4 miliar di e-Bay dalam satu waktu. Padahal, Oreo normal satu bungkus biskuitnya hanya dijual tiga dollar AS atau setara Rp45 ribu. Di Indonesia, bahkan Oreo dijual kisaran Rp10 ribu. 
Mengapa harga Supreme Oreo mahal sekali? Supreme Oreo merupakan kerja sama antara biskuit Oreo dengan perusahaan streetwear Supreme. Untuk mengulas harga Supreme Oreo, rasanya harus dimulai dari sejarah Supreme. Perusahaan raksasa streetwear ini berawal dari toko skater dan hip hop bawah tanah di Manhattan, New York yang dibuat oleh James Jebbia pada 1994.
 
Dari toko kecil, Supreme berkembang menjadi raksasa dengan toko yang tersebar di berbagai negara. Supreme bahkan berhasil menjadi pop culture dengan nilai perusahaan mencapai ratusan juta dollar AS. Keberhasilan Supreme tak lain karena jurus marketing yang jitu. Dilansir dari CBR, Supreme menjalin kerja sama dengan banyak selebriti dan atlet seperti Odell Beckham Jr. dan The Muppets. 

Kolaborasi terbaru perusahaan ini bersama dengan Oreo yang diluncurkan pada 26 Maret 2020, apalagi kalau bukan Supreme Oreo. Tidak ada yang spesial selain biskuit ini memiliki warna merah dan tulisan Supreme. Warna dan logo yang sama juga bisa kamu temukan di berbagai produk mulai dari sepatu sneakers, zippo, sampai kantung ziplock. 

Salah satu hal yang menyebabkan produk-produk Supreme, termasuk Supreme Oreo menjadi mahal adalah faktor eksklusivitasnya. Barang-barang ini dirilis dalam jumlah sangat sedikit dalam periode musiman. Kebanyakan dibeli oleh para reseller dalam hitungan menit atau bahkan detik ketika dirilis. 

Kaum ‘hypebeasts’, begitulah orang-orang memanggil penggemar Supreme. Mereka menguasai pasar Supreme dan menyebabkan barang-barang sederhana seperti Oreo atau helm motor bisa dihargai sekitar 100 hingga 10.000 dollar AS. Fenomena Supreme Oreo ini juga memperlihatkan betapa spektakulernya animo terhadap benda apa pun dengan label Supreme. 

Orang-orang yang sudah mencoba Supreme Oreo mendeskripsikan rasanya seperti “lebih artifisial” dan tidak seperti biskuit Oreo biasa. Beberapa pembeli bahkan mengatakan bahwa kue ini terasa mirip dengan varian Golden Oreo, tetapi jauh lebih buruk. Kebanyakan orang yang membeli kue tersebut enggan membuka bungkus dan memakan biskuit tersebut. 

Foto-foto di media sosial memperlihatkan tumpukan Oreo yang di rumah-rumah dan tersedia untuk dijual. Foto tersebut sebagai bentuk sindiran pada pemburu Supreme Oreo.  Namun hal tersebut tak berpengaruh, jumlah penjualan Supreme Oreo malah terus meningkat dan tetap diburu lewat online. (*)

 Sumber : Kompas.com /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]