Teror Begal Pinggul Resahkan Kaum Hawa di Pasaman


Jumat, 15 Mei 2020 - 12:54:08 WIB
Teror Begal Pinggul Resahkan Kaum Hawa di Pasaman Ilustrasi

PASAMAN, HARIANHALUAN. COM - Teror "begal pinggul" atau pelecehan dengan menyentuh bagian tubuh oleh orang tak dikenal di beberapa titik ruas jalan di seputaran kawasan Gelanggang Olahraga Lubuksikaping, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, semakin meresahkan warga daerah itu, khususnya bagi kaum perempuan.

"Dalam seminggu terakhir sedikitnya sudah terjadi sebanyak enam peristiwa pelecehan, biasanya terjadi pada saat sesudah shalat subuh yang biasanya dimanfaatkan warga untuk melaksanakan aktifitas jalan sehat," kata salah seorang warga setempat, Desi Ratnasari (19), di Lubuksikaping, Jumat (15/05).

Menurutnya, biasanya pelaku menggunakan kendaraan roda dua secara berboncengan dalam melancarkan aksinya dan di saat target mereka lengah maka mereka dengan cepat melakukan aksinya mencolek atau menepuk bagian pinggul korban wanitanya dan langsung melarikan diri.

Ditambahkan warga lainnya, Afrinaldi (37), untuk menyikapi peristiwa yang sudah berulang dialami sejumlah kaum wanita, saat ini ia bersama beberapa warga lainnya berupaya melakukan antisipasi secara mandiri dengan menggiatkan ronda keliling dan pengintaian untuk menangkap basah pelaku teror tersebut.

"Kami harap pelakunya bisa segera ditangkap karena sudah sangat meresahkan warga yang memiliki anak perempuan karena biasanya target mereka adalah anak-anak gadis dan wanita paruh baya dengan bentuk tubuh menarik menurut mereka," ucapnya.

Masyarakat berharap pihak aparat kepolisian dan pihak terkait lainnya juga bisa membantu mereka dalam melakukan antisipasi terhadap aksi yang dinilai sangat melecehkan harkat dan martabat kaum wanita.

"Jangan sampai terjadi hal yang tak diinginkan seperti tindakan main hakim sendiri atau lebih buruk lagi ada perlawanan dari pelaku saat ditangkap dan akhirnya menimbulkan korban jiwa yang harusnya tidak perlu terjadi jika aparat benar-benar serius bekerja mengungkap peristiwa ini," tutupnya.(*)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]