Rp482,4 Juta BLT Dana Desa Diserahkan kepada 268 KK di Nagari Panti


Jumat, 15 Mei 2020 - 13:47:01 WIB
Rp482,4 Juta BLT Dana Desa Diserahkan kepada 268 KK di Nagari Panti Wanag Panti, Yefrialdi, SP menyerahkan dana BLT kepada perwakilan Bank Nagari. Turut disaksikan Kadis DPM, Hasiholan Hutagalung dan Camat Panti, Aswar.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Nagari Panti, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman menyerahkan Rp482,4 juta dana bantuan sosial BLT Dana Desa untuk 268 kepala keluarga penerima manfaat. Bantuan diserahkan di aula kantor walinagari setempat, Jumat (15/4). 

Walinagari Panti, Yefrialdi menjelaskan, total dana desa yang dialokasikan pada BLT dana desa tahap satu dan dua, untuk bulan April-Mei sebesar Rp482,4 juta kepada 268 KK penerima manfaat. Mereka, kata dia, tersebar di tiga kejorongan yang ada di nagari itu. 

"Penerima BLT Dana Desa wajib membawa sejumlah persyaratan, diantaranya KTP asli, foto kopi KTP dan KK," ujar Yefrialdi. 

Tiap penerima manfaat BLT, kata dia, dibatasi masuk ke dalam ruangan, hanya 25 orang per sesi dengan posisi kursi diberi jarak sekitar satu meter lebih. "Mereka wajib pakai masker. Ini mengacu pada protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19," ujarnya. 

Camat Panti, Aswar mengatakan, penyerahan bantuan sosial BLT ini oleh pemerintah akibat dampak pandemi Covid-19. Ekonomi masyarakat mengalami kelesuan sehingga banyak masyarakat menjadi rentan miskin. 

"Ini penyerahan BLT pertama di Kecamatan Panti. Penerima didata oleh relawan nagari. Warga yang sudah menerima BLT dana desa, tidak berhak lagi menerima bansos lainnya dari pemerintah," ujar Aswar. 

Ia pun meminta, penyaluran bantuan sosial itu diawasi. Termasuk para penerima bantuan. Bagi warga yang menerima bansos double, Aswar berharap segera dilaporkan ke jorong setempat. 

"Bansos ini, tolong dimanfaatkan sebaik-baiknya, untuk keperluan sehari hari. Tidak boleh ada warga yang double-double menerima. Kalau ada segera dilaporkan," ujarnya. 

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, Aswar mengimbau, warga taat pakai masker setiap keluar rumah, bersihkan pekarangan, selalu cuci tangan, hindari berkumpul dengan banyak orang. 

"Intinya, biasakan menerapkan pola hidup bersih dan sehat," tukasnya.  

Salah seorang penerima, Sabariah (68), tak kuasa menahan air matanya saat menerima bansos tersebut. Ia mengatakan, bantuan sosial itu merupakan bukti nyata kepedulian pemerintah kepada rakyatnya yang sedang kesusahan akibat Covid-19.

"Bersyukur dengan adanya bantuan ini. Terima kasih Pak Jokowi. Bantuan ini akan saya gunakan untuk keperluan selama puasa dan Lebaran nanti," kata warga Tanang Baru ini. (*)

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]