Masjid di Sawahlunto Kembali Selenggarakan Sholat Jumat


Jumat, 15 Mei 2020 - 16:19:24 WIB
Masjid di Sawahlunto Kembali Selenggarakan Sholat Jumat Salah satu protokol kesehatan yang harus dijalani oleh jamaah ketika hendak melaksanakan sholat jumat di masjid.

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN - Masjid - masjid di Kota Sawahlunto kembali menyelenggarakan sholat Jumat berjamaah untuk pertama kalinya sejak pandemi Covid 19 Maret 2020 lalu. Diperbolehkannya kembali untuk sholat Jumat, karena Sawahlunto masih tercatat sebagai zona hijau dari positif kasus corona.

Meski demikian, protokol kesehatan yang ketat diberlakukan seperti yang terlihat di Masjid Agung Nurul Islam Mudik Air Sawahlunto. Petugas kesehatan melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada setiap jemaah yang memasuki masjid. 

Sementara Satpol PP perempuan mengecek masker dan sajadah jemaah. Jika tidak ada maka jemaah diperingati dan diminta memakainya pada Jumat depan. Jamaah harus wuduk di rumah, mencuci tangan pakai hand sanitizer. Sementara untuk durasi kutbah juga dibatasi berdasarkan kesepakatan bersama yang dilakukan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan juga Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam rapat dan telah disosialisasikan dengan mengundang pengurus masjid , Kamis (14/5).

Aktifitas sholat Jumat diizinkan kembali dengan syarat harus mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan. 

Rasa syukur dan bahagia jelas terlihat dan terpancar dari wajah jamaah yang berkesempatan melaksanakan sholat Jumat, tidak saja secara langsung ucapan syukur juga disampaikan masyarakat dihalaman media sosial, seperti facebook, instagram dan lainnya.

"Alhamdulillah, akhirnya bisa sholat Jumat kembali. Dan kalau bisa juga diberlakukan untuk sholat lima waktu dan tarawih," ujar salah seorang jamaah Masjid Agung, Insan Kamil kepada harianhaluan.com, Jumat (15/5).

Khatib Jumat, Khairunnas Datuak Pito Sirajo dalam khutbahnya berharap, wabah Korona ini cepat berlalu dan hilang di bumi pertiwi ini. Ia berpesan dalam setiap musibah ada hikmahnya. Bagi yang dulu jauh dari Allah sekarang hendaknya mendekatkankan diri dengan banyak banyak bezikir dan istiqfar serta menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi larangan NYA.(*)

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]