Sumbar 9 Kali Diguncang Gempa Bumi Sepekan Terakhir, 4 Kali di Mentawai


Jumat, 15 Mei 2020 - 17:53:04 WIB
Sumbar 9 Kali Diguncang Gempa Bumi Sepekan Terakhir, 4 Kali di Mentawai Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dalam sepekan terakhir, setidaknya ada sembilan kali Sumatera Barat (Sumbar) diguncang gempa Bumi. Gempa bumi tersebut terjadi di sejumlah daerah kabupaten dan kota di Sumbar.

"Terjadi gempa bumi sebanyak sembilan kali di Sumbar periode 8 hingga 14 Mei 2020," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mamuri dari Stasiun Geofisika Padang Panjang, Jumat (15/5/2020).

BMKG mengatakan, dari sembilan gempa bumi tersebut, satu di antaranya dirasakan getaran oleh masyarakat setempat, yakni di Pasaman Barat 8 Mei lalu.

Gempa di Pasbar memiliki getaran tertinggi dari delapan gempa lainnya, yakni berkekuatan 4.2 magnitudo, dengan kedalaman 3 kilometer. Gempa yang dirasakan di Pasbar itu berpusat pada 0.34 LU dan 99.85 BT, tepatnya di 19 km Barat Laut Talu, Pasaman Barat.

Gempa terjadi akibat aktivitas sesar Sumatera segmen angkola. Selama periode tersebut, dua kali gempa bumi berpusat di Pasaman Barat, namun hanya satu kali gempa yang dirasakan masyarakat.

Sedangkan gempa lainnya terjadi di Kepulauan Mentawai. Mentawai setidaknya terjadi empat kali gempa bumi dengan magnitudo di bawah empat. Selain itu, tiga gempa lagi terjadi di Painan, Kabupaten Solok dan Pariaman.(*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]