Duh! Konflik AS-China Membara, Saling Ancam dan Saling Serang


Jumat, 15 Mei 2020 - 19:09:27 WIB
Duh! Konflik AS-China Membara, Saling Ancam dan Saling Serang Donald Trump (AP Photo)

BEIJING, HARIANHALUAN.COM --Pemerintah China menanggapi pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang mengancam akan memutuskan hubungan AS dengan China terkait pertikaian soal penanganan pandemi virus Corona (COVID-19). Seperti apa tanggapan China?

Seperti dilansir dari detik.com, Jumat (15/5/2020), hubungan dua negara dengan perekonomian terbesar dunia itu memburuk dalam beberapa pekan terakhir. Kedua negara saling adu argumen soal asal-muasal virus Corona, yang telah menewaskan lebih dari 300 ribu orang di berbagai negara, termasuk AS.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, mendorong AS untuk berkompromi dengan China dan memperkuat kerja sama dalam memerangi pandemi virus Corona.

"Menjaga perkembangan stabil untuk hubungan China-AS menjadi kepentingan fundamental bagi rakyat kedua negara, dan itu kondusif bagi perdamaian dan stabilitas dunia," sebut Zhao dalam press briefing terbaru menanggapi komentar Trump.

"Pada saat ini, China dan AS harus terus memperkuat kerja sama melawan epidemi, mengalahkan epidemi sesegera mungkin, merawat para pasien dan memulihkan perekonomian dan produksi. Tapi itu membutuhkan AS untuk bertemu di tengah jalan dengan China," imbuhnya.

Komentar Zhao ini disampaikan setelah Trump melontarkan ancaman untuk memutuskan hubungan antara AS dan China saat ketegangan antara kedua negara semakin memburuk karena pandemi Corona.

"Ada banyak hal yang bisa kita lakukan. Kita bisa melakukan sesuatu. Kita bisa memutuskan seluruh hubungan," tegas Trump saat ditanya tindakan yang mungkin dilakukan AS terhadap China terkait ketegangan soal pandemi Corona.

"Jika Anda melakukannya, apa yang akan terjadi? Anda akan menyelamatkan US$ 500 miliar jika Anda memutus seluruh hubungan," sebutnya dalam wawancara dengan Fox Business News pada Kamis (14/5) waktu setempat.

Trump menyebut hubungannya dengan Presiden China, Xi Jinping, sangat baik. "Tapi saya saat ini saya tidak ingin bicara dengannya," imbuhnya. (*)

 Sumber : Detik.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 30 Mei 2020 - 14:54:04 WIB

    Duh! Sekelompok Monyet Bawa Kabur Sampel Darah Pasien Covid-19, Warga Resah

    Duh! Sekelompok Monyet Bawa Kabur Sampel Darah Pasien Covid-19, Warga Resah HARIANHALUAN.COM -- Sekawanan monyet di India menyerang seorang petugas medis dan membawa kabur sampel darah pasien yang telah dinyatakan positif virus Corona..
  • Selasa, 26 Mei 2020 - 07:15:27 WIB

    Waduh! Tukang Cukur Tularkan Corona ke Pelanggan

    Waduh! Tukang Cukur Tularkan Corona ke Pelanggan HARIANHALUAN.COM - Seorang tukang cukur rambut di Missouri, Amerika Serikat (AS), membuka kembali usaha salon miliknya di tengah pandemi. Ia tidak menyadari jika dirinya telah terinfeksi virus Corona. Akibatnya, penata rambut.
  • Senin, 25 Mei 2020 - 15:30:18 WIB

    Waduh! AS-Cina di Ambang Perang Dingin Baru?

    Waduh! AS-Cina di Ambang Perang Dingin Baru? HARIANHALUAN.COM - Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi mengatakan pada Minggu (24/5) bahwa hubungan antara Cina dan Amerika Serikat (AS) berisiko memburuk hingga ke titik "Perang Dingin baru" bisa saja menjadi kenyataan..
  • Ahad, 24 Mei 2020 - 16:48:17 WIB

    Waduh! Harusnya Bermaafan, Amerika Serikat dan China malah Makin Tegang

    Waduh! Harusnya Bermaafan, Amerika Serikat dan China malah Makin Tegang HARIANHALUAN.COM -- Idul Fitri biasanya adalah momen saling bermaafan atas segala khilaf. Namun buat Amerika Serikat (AS) dan China, yang ada malah tensi ketegangan yang semakin meninggi. Sejak Donald Trump terpilih sebagai p.
  • Selasa, 19 Mei 2020 - 18:46:38 WIB

    Waduh! Trump Mau Gulingkan AS dari Keanggotaan WHO    

    Waduh! Trump Mau Gulingkan AS dari Keanggotaan WHO     HARIANHALUAN.COM -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali mengancam Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Trump mengancam akan secara permanen menghentikan pendanaan AS untuk organisasi kesehatan PBB itu jika WHO t.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]