Jangan Bandel! Pelanggar PSBB Terancam Denda Rp25 Juta di Kota..


Jumat, 15 Mei 2020 - 21:30:58 WIB
Jangan Bandel! Pelanggar PSBB Terancam Denda Rp25 Juta di Kota.. Ist

TANGERANG, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah telah meneken peraturan wali kota tentang sanksi bagi pelanggar pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

PSBB bertujuan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (15/5/2020), Perwal bernomor 29 tahun 2020 tersebut mengatur beragam sanksi administrasi dan denda bagi pelanggar PSBB. Dalam perwal tersebut disebut ada sanksi denda administrasi yang akan diterapkan mulai dari Rp 50.000 sampai dengan Rp 25 juta.

Pasal 4 ayat 2 perwal itu menyatakan, setiap orang yang tidak menggunakan masker akan dikenai sanksi untuk membersihkan fasilitas umum, atau penyitaan kartu idetitas atau denda administrasi sebesar Rp 50.000.

Pasal 7 mengatur sanksi bagi pelanggaran yang dilakukan penanggungjawab restoran atau rumah makan. Restoran atau rumah makan yang melanggar PSBB akan distop sementara operasinya dan didenda Rp 5 juta.

Pasal 8 ditunjukan untuk penanggungjawab hotel yang tidak menutup fasilitas hotel yang dapat menciptakan kerumunan di area hotel dan atau tidak menerapkan protokol kesehatan.

Hotel yang melanggar akan dikenakan sanksi administratif penghentian sementara kegiatan berupa penyegelan fasilitas layanan hotel dan denda sebesar Rp 25 juta.

Perwal tersebut juga memuat sanksi pidana, yatu pasal 17. Pasal itu  mengatakan sanksi pidana terhadap pelanggaran PSBB dilakukan oleh kepolisian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. (*)

 Sumber : Kompas.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]