Stok APD di Ibnu Sina Bukittinggi Menipis, BUMN Datang Bantu APD


Sabtu, 16 Mei 2020 - 09:34:47 WIB
Stok APD di Ibnu Sina Bukittinggi Menipis, BUMN Datang Bantu APD Anggota DPR RI Nevi Zuarina foto bersama dengan Direktur RSI. Ibnu Sina Bukittinggi dr. Zulfa usai menyerahkan bantuan APD di RSI. Ibnu Sina Bukittinggi, Jumat (15/5). IST

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Rumah Sakit Islam (RSI) Ibnu Sina Bukittinggi mendapat bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari sinergi BUMN dengan Komisi VI DPR RI. 

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan anggota DPR RI, Nevi Zuariana kepada Direktur RSI. Ibnu Sina Bukittinggi di RSI. Ibnu Sina Bukittinggi, Jumat (15/5).

Bantuan tersebut berupa, 5 unit APD Set, 100 unit APD Disposable, 50 unit masker medis, 10 pasang sepatu medis.

Direktur RSI. Ibnu Sina Bukittinggi dr. Zulfa usai menerima bantuan mengatakan, bantuan APD ini sangat berarti bagi rumah sakitnya, karena stok APD di rumah sakit sudah sangat menipis.

"Kita rumah sakit swasta ini tidak banyak mendapat bantuan dari pemerintah. Oleh sebab itu, kami sangat berterima kasih sekali kepada BUMN yang bersedia membantu kami dalam bentuk APD," kata Zulfa.

Walaupun, rumah sakit Ibnu Sina Bukittinggi tidak sebagai rumah sakit rujukan Covid 19, tetapi rumah sakitnya tetap melakukan skrining, sebelum pasien itu dinyatakan terpapar atau tidak Covid 19.

Menurutnya, untuk pengadaan APD sangat membutuhkan biaya yang sangat besar. Selain itu, semua pegawai di rumah sakit diwajibkan pakai masker.

"Apalagi sejak wabah Covid 19 ini mewabah, pasien yang berobat di tempat kita ini sangat menurun, akibatnya pendapatan kita berkurang," terangnya.

Ia berharap, pasien yang berobat di rumah sakit Ibnu Sina Bukittinggi lebih terbuka dan jujur terkait riwayat perjalanan, untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Sementara itu, Nevi Zuariana anggota DPR RI dari PKS mengatakan, bantuan Alat Pelindung Diri (APD) itu merupakan kebutuhan dasar rumah sakit agar tenaga medis sebagai garda terdepan dalam pemberantasan Covid 19 tidak tertular. 

Selain RSI Ibnu Sina Bukittinggi bantuan juga diserahkan untuk RS Achmad Muchtar Bukittinggi, RSUD Padang Pariaman dan RSUD Pasaman.

"Kita berharap agar tenaga medis sebagai garda terdepan dalam merawat pasien Covid 19 tidak tertular," katanya.

Terkait dengan meningkatnya pasien positif Covid 19 di Sumbar, menurut Nevi Zuarina  itu merupakan sebagai bentuk keberhasilan dari pemerintah dalam melacak atau mentracking Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid 19 yang berpotensi menyebarkan virus.

"Dengan bertambah, maka kita akan cepat mencapai puncak dan kemudian diklaster sehingga wabah Covid 19 akan menurun," ulasnya.

Sementara itu, General Manager PT. Bukit Asam Ombilin Yulfaizon B. Dahlioes mengatakan bantuan yang diserahkan itu berasal dari beberapa BUMN sebagai bentuk support BUMN untuk memberantas Covid 19.

"Kami yang berada di bawah Kementerian BUMN diminta untuk terlibat memberantas Covid 19. Bantuan ini tidak hanya untuk rumah sakit saja, namun ada juga bantuan yang kita serahkan ke masyarakat umum tapi tidak berbentuk APD," ungkapnya didampingi Pimpinan Perum Bulog Bukittinggi, Monang Simbolon. (*)

 

Reporter : Yursil /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 16 April 2020 - 01:08:10 WIB

    Pandemi Corona, Seberapa Cukupkah Stok Pangan di Tanah Datar?

    Pandemi Corona, Seberapa Cukupkah Stok Pangan di Tanah Datar? TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM -- Ketersediaan pangan, khususnya padi di Kabupaten Tanah Datar diperkirakan cukup dalam beberapa bulan mendatang. Hal ini disebabkan panen padi merata setiap bulan..
  • Selasa, 24 Maret 2020 - 12:19:06 WIB

    Stok Blanko Terdampak Corona, Masyarakat Diberi Surat Keterangan Pengganti e-KTP

    Stok Blanko Terdampak Corona, Masyarakat Diberi Surat Keterangan Pengganti e-KTP PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Stok blanko e-KTP untuk wilayah Kabupaten Pasaman, terpantau habis akibat terkendala penjemputannya ke pihak kementerian terkait di Jakarta..
  • Senin, 02 September 2019 - 16:33:07 WIB

    Stok Beras Aman, Agam Sukses Tingkatkan Produksi  

    Stok Beras  Aman,  Agam Sukses Tingkatkan Produksi   AGAM,HARIANHALUAN.COM- Potensi produksi beras selama Oktober, November dan Desember 2019 diperkirakan lebih kurang sebesar 55.647 ton dengan luas tanam 19.749 hektar. Jumlah sebanyak ini dinilai sangat cukup hingga pergantian.
  • Rabu, 23 November 2016 - 01:02:13 WIB

    PMI Bukittinggi Kekurangan Stok Darah

    BUKITTINGGI, HALUAN — Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi membutuhkan 50 kantong stok darah perhari, agar stok darah yang ada di PMI bisa mencukupi untuk membantu war­ga yang membutuhkannya..
  • Selasa, 21 Juni 2016 - 05:49:56 WIB
    Hadapi Lebaran

    Stok Gas Elpiji Cukup

    Stok Gas Elpiji Cukup PAYAKUMBUH, HALUAN—Stok gas elpiji di Kota Payakumbuh selama Lebaran hingga usai Lebaran, diperkirakan cukup dan aman. Masyarakat tak perlu cemas jika sewaktu-waktu tak mendapatkan gas elpiji, karena hal itu sudah dicek ke.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]