Perlu Model Pengembangan Bisnis Jika Corona Berlangsung Lama di Sumbar


Sabtu, 16 Mei 2020 - 15:37:45 WIB
Perlu Model Pengembangan Bisnis Jika Corona Berlangsung Lama di Sumbar Werry Darta Taifur

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Mantan Rektor Universitas Andalas (Unand), Werry Darta Taifur mengatakan, kegiatan ekonomi yang dilakukan sekarang hendaklah disesuaikan dengan kondisi Covid-19. Hal tersebut dimaksud karena dia menganggap pandemi ini tidak akan selesai dengan cepat.

Di Sumbar, beberapa kegiatan ekonomi memang belum memiliki dampak yang begitu buruk, hanya saja data pengangguran perlu menjadi perhatian di daerah ini. "Dibandingkan dengan skala Nasional, Sumbar masih digolongkan baik, namun sektor wisata mulai ada goncangan di Sumbar," katanya Jumat (15/5/2020) sore.

Nantinya akan terdampak berat jika setiap warga tidak mampu melaksanakan sosial distancing secara baik, bisa saja karena keterpasaan hidup akan mengakibatkan mereka yang bekerja bisa terpapar, karena pandemi ini efeknya dirasakan betul dalam bidang ekonomi. "Misalnya di Sumbar, 35 sampai 70 persen pekerja atau pelaku bisnis mengalami penurunan pendapatan," kata Ketua Senat Akademik Unand ini.

Lanjut Werry, disini kita perlukan cari solusi, agar di tengah pandemi setiap orang ataupun kelompok mampu berkarya, menciptakan model pekerjaan di tengah wabah pandemi, apalagi industri Rumah Tangga. Terlebih, Sumbar memiliki potensi atau sektor wisata yang tinggi, jika virus ini berlangsung lama, perlu dicarikam model pengembangan pariwisata agar tidak terpuruk. 

Selain itu, penguatan sektor pertanian dan peternakan harus menjadi perhatian. "Memang saat ini belum terdampak, apalagi di sektor pertanian dan peternakan masih bergerak, namun kedepannya kita harus atur pola agar terus stabil baik bidang pemasaran maupun makanannya," katanya.

Saat ini, sebagai motor penggerak ekonomi masih dibebankan kepada pemerintah daerah, hal ini perlu dikaji cepat ketahanan pemda dan bagaimana usaha antisipasi yang dilakukan kedepannya. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]