Ini Alasannya Kenapa Harus Berbuka dengan yang Manis


Sabtu, 16 Mei 2020 - 19:50:47 WIB
Ini Alasannya Kenapa Harus Berbuka dengan yang Manis Alasan berbuka dengan yang manis, salah satunya disunnahkan dengan kurma. (Foto : Ilustrasi)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Saat berbuka puasa, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan serta minuman yang manis. Hal ini pun menjadi salah satu hal sunnah dalam agama Islam, seperti makan kurma dan minum minuman yang manis.

Tapi, apakah ada alasan kenapa harus berbuka dengan yang manis untuk kesehatan tubuh?

Dr Kaseem Halmar dari University of Warwick, Inggris, mengatakan hampir 14 jam tubuh seseorang yang menjalani puasa tidak mendapatkan asupan cairan dan sari makanan. Itu membuat kadar gula dalam darah menurun dan menyebabkan lemas menjelang buka puasa.

Menurut Dr Kaseem, jika seseorang berbuka dengan makanan atau minuman yang manis akan menyeimbangkan kembali kadar insulin, sehingga bisa kembali memproduksi energi. Tetapi, ia mengingatkan untuk tetap ada batasan dalam mengkonsumsinya.

"Namun harus diingat, bahwa tetap ada batasan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis itu. Sekitar lima persen dari total jumlah asupan kalori yang dikonsumsi," katanya yang dikutip dari Nutrition.org.uk, Sabtu (16/5/2020). (*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 22 Mei 2020 - 12:32:39 WIB

    Anti Ribet! Ini Resep Ketupat Plastik untuk Lebaran

    Anti Ribet! Ini Resep Ketupat Plastik untuk Lebaran HARIANHALUAN.COM -- Kalau tak punya kulit ketupat, bikin saja ketupat dengan bungkus plastik. Seperti dilansir dari detik.com, Jumat (22/5/2020), hasilnya sama teksturnya, membuatnya juga praktis dan gampang..
  • Selasa, 19 Mei 2020 - 11:09:30 WIB

    Begini Cara Membuat Kue Bawang Jadul Nan Renyah Khas Padang

    Begini Cara Membuat Kue Bawang Jadul Nan Renyah Khas Padang HARIANHALUAN.COM -- Lebaran sebentar lagi, toples kue di rumah sudah terisi atau belum? Walaupun lebaran tahun ini tetap di rumah saja, Anda tetap bisa menikmati kelezatan kue-kue jadul yang ada saat lebaran. Meski tidak bisa.
  • Selasa, 19 Mei 2020 - 09:49:08 WIB

    Ini Cara Membuat Kripik Pisang Batu Nan Renyah untuk Lebaran

    Ini Cara Membuat Kripik Pisang Batu Nan Renyah untuk Lebaran HARIANHALUAN.COM -- Kripik pisang batu atau pisang kepok menjadi kue camilan wajib saat lebaran. Rasanya yang sedikit manis dan gurih menambah rasa ingin lagi dan lagi saat menyantapnya. Tapi, tahukah Anda tips untuk membuat .
  • Jumat, 15 Mei 2020 - 10:54:13 WIB

    Pernah Coba Gulai Sabo-sabo Khas Pasaman Barat, Begini Cara Membuatnya

    Pernah Coba Gulai Sabo-sabo Khas Pasaman Barat, Begini Cara Membuatnya HarianHaluan.com - Gulai Sabo-Sabo merupakan makanan khas Pasaman Barat yang isinya terdiri dari berbagai macam hasil laut seperti ikan kecil, udang kecil, kepiting dan lainnya yang dicampur dengan gulai (kuah santan) dengan .
  • Rabu, 13 Mei 2020 - 17:04:32 WIB

    Fahri ke Anies: Bagus Bapak Tempur, Ini Waktunya Memanfaatkan Amanah

    Fahri ke Anies: Bagus Bapak Tempur, Ini Waktunya Memanfaatkan Amanah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengeluhkan kebijakan pemerintah pusat yang plintat plintut dalam penanganan Corona Covid-19. Anies menyoroti salah satu kebijakan menyangkut tidak konsistennya dalam operasional bus Antar.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]