Jokowi : Tanya soal Bansos ke RT, RW, dan Kepala Desa


Sabtu, 16 Mei 2020 - 20:01:28 WIB
Jokowi : Tanya soal Bansos ke RT, RW, dan Kepala Desa Presiden Joko Widodo

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat mau menanyakan penyaluran bantuan sosial kepada Ketua RT, Ketua RW, atau kepala desa. 

Hal ini, menurut dia, penting untuk mengetahui kejelasan penyaluran bantuan sosial berupa Bantuan Sosial Tunai ( BST) dan Bantuan Langsung Tunai ( BLT) bagi mereka. 

"Masyarakat saya harap juga menanyakan ke RT, RW maupun kepala desanya," ujar Jokowi dalam keterangan resminya sebagaimana dikutip dari akun YouTube Biro Kepresidenan, Sabtu (16/5/2020).  

Pasalnya, kata Jokowi, dirinya sudah memerintahkan kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Sosial dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk mempercepat penyaluran BLT Desa dan BST Desa. 

"Saya sudah meminta agar disederhanakan dengan memotong prosedurnya. Sehingga masyarakat bisa segera menerima baik BLT maupun BST," kata dia. 

Jokowi juga mengakui masyarakat banyak yang mengeluhkan belum mendapatkan dua jenis bantuan sosial tersebut. Menurut Jokowi, alokasi dana untuk BLT Desa dan BST masing-masing sebesar Rp 600.000,- untuk setiap penerima. 

Kedua jenis bansos ini akan diberikan selama tiga bulan berturut-turut kepada masyarakat yang terdampak wabah Covid-19. Sebelumnya, Jokowi mengatakan hingga saat ini belum semua alokasi BST dan BLT. disalurkan kepada masyarakat. 

"Perlu saya sampaikan bahwa sampai saat ini BLT Desa baru 15 persen tersalur ke masyarakat. Artinya ada 85 persen yang masih belum diterima oleh masyarakat," ujar Jokowi dalam keterangan resminya sebagaimana dikutip dari akun YouTube Biro Kepresidenan, Sabtu.

Hal yang sama juga terjadi untuk BST untuk masyarakat desa.

"Untuk BST juga baru kurang lebih, dari informasi yang saya terima, baru kurang lebih 25 persen diterima masyarakat. Sehingga ada 75 persen yang belum diterima," kata Jokowi. 

Menurut Jokowi, pemerintah memberikan lima macam bansos kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. 

Pertama, menggratiskan tarif listrik untuk pelanggan 450 VA. 

Kedua, memberikan diskon 50 persen kepada pelanggan 900 VA. 

Ketiga, kartu sembako untuk 20 juta penerima. 

Keempat, Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 1 juta keluarga. 

Kelima, BLT dan BST sebesar Rp 600.000,- yang diberikan selama tiga bulan berturut-turut. (*)

 Sumber : kompas.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 28 Mei 2020 - 13:56:00 WIB

    Waduh! Siapkan Promosi Wisata, Presiden Jokowi Tugaskan Wishnutama

    Waduh! Siapkan Promosi Wisata, Presiden Jokowi Tugaskan Wishnutama HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio untuk menyiapkan program wisata yang aman dari virus Corona.  Berbagai destinasi wisata di Ind.
  • Kamis, 28 Mei 2020 - 08:34:07 WIB

    Rizal Ramli Usul ke Jokowi Agar Sekolah Dibuka Awal Tahun Depan

    Rizal Ramli Usul ke Jokowi Agar Sekolah Dibuka Awal Tahun Depan HARIANHALUAN.COM - Mantan Menko bidang Perekonomian Rizal Ramli mengusulkan kepada pemerintah agar kegiatan belajar-mengajar tetap dilakukan di rumah hingga awal tahun depan..
  • Rabu, 27 Mei 2020 - 12:44:17 WIB

    New Normal, Jokowi Minta Daerah Lakukan Ini untuk Kendalikan Corona

    New Normal, Jokowi Minta Daerah Lakukan Ini untuk Kendalikan Corona HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo mengingatkan kesiapan daerah dalam menghadapi pola hidup normal baru atau new normal di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Jokowi mengatakan daerah harus mampu mengendalikan penyeb.
  • Selasa, 26 Mei 2020 - 18:31:07 WIB

    Wadaw! Fadli Zon Nobatkan Jokowi 'Duta Mal Indonesia'

    Wadaw! Fadli Zon Nobatkan Jokowi 'Duta Mal Indonesia' HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendatangi Mal Summarecon Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/5/2020). Aksi Jokowi tersebut justru mendapatkan sindiran dari anggota DPR RI Fadli Zon. .
  • Selasa, 26 Mei 2020 - 15:58:19 WIB

    Wah Bakalan Ada Kejutan Baru dari Jokowi, Mau Tahu?

    Wah Bakalan Ada Kejutan Baru dari Jokowi, Mau Tahu? HARIANHALUAN.COM -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan kembali mengevaluasi kebijakan dalam satu minggu ke depan pasca menerjunkan aparat keamanan untuk mengawal masyarakat di era menuju new normal..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]